Beri Pendidikan Politik ke Generasi Muda, Tamsil Linrung Hadirkan Sekolah Legislatif

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Anggota DPD RI asal Sulsel, Tamsil Linrung melaunching Sekolah Legislatif, secara virtual, bertempat di Procope Cafe Makassar, Jalan Racing Center, Senin, 03 Januari 2022.

Legislator senayan tiga periode ini dihadapan para millenial mengatakan, Sekolah Legislatif ini bertujuan untuk memberikan pendidikan politik bagi kalangan millenial di seluruh Indonesia, sebagai persiapan menghadapi Pemilu 2024 mendatang.

Tamsil Linrung juga menjelaskan latar belakang lahirnya ide Sekolah Legislatif ini, setelah dirinya berkeliling daerah di Indonesia dan bertemu dengan kalangan anak muda dan aktifis diberbagai organisasi mahasiswa, yang menurutnya harus turut ambil peran dalam panggung demokrasi Indonesia.

“Saya pernah menjabat tiga periode di DPR RI dan di DPD RI. Banyak hal yang saya temukan sepanjang tugas di legislatif, salah satunya peran kalangan milenial dalam menentukan nasib bangsa ke depan. Saya melihat perlunya ada kesadaran untuk meluruskan pandangan. Saya kemudian mencoba menyampaikan akan membuka Sekolah Legislatif, dan ide tersebut sangat direspon baik dan mendapat dukungan luar biasa,” ujar Tamsil.

Olehnya itu, Tamsil menekankan, keberadaan anak muda dalam demokrasi Indonesia, harus didorong supaya ada keinginan untuk turut berperan aktif dalam politik. Sebab dirinya tidak ingin lahir politisi yang tidak punya perhatian dan buta politik, sehingga apa yang dilakukan bisa berdampak buruk terhadap tujuan bernegara ke depan.

“Kondisi politik hari ini ada masalah besar yang harus diberikan perhatian khusus. Kita ingin melihat ke depan diiisi anak muda yang punya kompetensi, kritis dan memberikan masukan yang sangat bermanfaat untuk tujuan bernegara. Kalau kita melihat fakta, sepertinya kita semakin jauh pada tujuan bernegara. Angka kemiskinan meningkat dan pengangguran semakin bertambah, dan kesejahteraan umum masih jauh dari harapan. Indikator ini semakin jauh dari tujuan bernegera, disinilah peran anak muda dibutuhkan,” beber Tamsil Linrung.

Sejumlah kalangan akademisi dan politisi pun digadang-gadang akan tampil menjadi pemateri di Sekolah Legislatif ini, diantaranya Prof Eggi Sujana, Prof Yusril Ihza Mahendra, Prof Irmanputra Sidin, Prof Zainal Arifin Mochtar, Ali Armunanto (Unhas), Prof. Dr. R. Siti Zuhro, Prof. Dr. Hamdan Zuoelva, Dr. Fuad Bawazier, Prof. Dr. Laode M. K, Zaenal Arifin Muchtar, Prof. Dr. Abdul Razak (Unhas), Prof. Dr. Syahrir Mallongi (UMI), Dr. Arief Witjaksono (UNIBOS), Prof. Amran Razak (Unhas), Prof. Dr. Anwar Arifin (Unhas), Dr Arqam Azikin (Unhas), Hersubeno Arief, M. Hatta Taliwang, Said Didu, Azis Kahar, Syahganda, Jend. Gatot Nurmantyo dan masih banyak lagi. (*)

  • Bagikan