Kerusuhan Kazakhstan adalah Upaya Kudeta, Presidennya Bilang Begini

  • Bagikan

KAZAKHTAN, RAKYATSULSELM – Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev menggambarkan kekerasan mematikan pekan lalu sebagai upaya kudeta.

Dia mengatakan kepada para pemimpin aliansi militer negara-negara bekas Soviet bahwa tindakan tersebut telah dikoordinasikan oleh “pusat tunggal”, tetapi tidak menyebutkan nama mereka yang bertanggung jawab.

Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan Kazakhstan telah menjadi sasaran terorisme internasional, tetapi tidak memberikan bukti untuk klaim ini.

Dia menambahkan bahwa Rusia tidak akan pernah membiarkan revolusi di wilayah tersebut.

Pasukan dari Rusia dan negara-negara lain saat ini berada di Kazakhstan untuk memulihkan ketertiban.

Demonstrasi, yang dipicu oleh kenaikan harga bahan bakar, berubah menjadi kerusuhan terburuk yang pernah dialami negara itu dalam 30 tahun kemerdekaannya. Puluhan orang dilaporkan tewas, termasuk 16 anggota pasukan keamanan.

Protes dimulai pada 2 Januari dan tumbuh untuk mencerminkan ketidakpuasan pada pemerintah dan mantan Presiden Nursultan Nazarbayev, yang memimpin Kazakhstan selama tiga dekade dan masih dianggap memiliki pengaruh yang signifikan.

Para wartawan mengatakan kekerasan baru-baru ini mungkin terkait dengan perebutan kekuasaan di kalangan elit penguasa.

Seminggu setelah kekerasan meletus, pihak berwenang mengatakan situasinya sekarang telah stabil, dengan pasukan melanjutkan operasi “pembersihan” dan menjaga fasilitas strategis.

Keadaan darurat dan jam malam nasional tetap diberlakukan. Hampir 8.000 orang telah ditahan di seluruh negeri, Kementerian Dalam Negeri mengatakan pada hari Senin. (bbc/*)

  • Bagikan