Pemkab Maros Gandeng Hotel Harper Pasarkan Produk UMKM Maros

  • Bagikan

MAROS, RAKYATSULSEL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros menggandeng Hotel Harper by Aston untuk memasarkan produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Maros. Produk lokal UMKM Maros akan dipasarkan di Hotel Harper.

Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari usai rapat dengan manajemen Hotel Harper, Dinas Kopumdag dan Dinas Pariwisata mengatakan, pihaknya baru dalam tahap penjajakan dan persiapan penandatanganan MoU dengan pihak Hotel Harper.

“Ini merupakan tindak lanjut pertemuan yang telah kami gelar sebelumnya dengan melibatkan Dinas Kopumdag yang membawahi UMKM serta bidang Ekonomi Kreatif pada Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga. Kami membahas batasan, hak dan tanggung jawab masing-masing,” ujar Hati-sapaan akrabnya, Selasa (11/1).

Mengenai produk apa saja yang akan dipasarkan, Hati menyebut pihaknya telah meminta kepada Dinas Kopumdag untuk menginventarisir produk-produk UMKM yang sesuai standar hotel sehingga kelak produk yang dipasarkan merupakan yang memang telah mampu bersaing baik dari segi rasa dan kemasan.

“Kalau Maros sementara ada banyak produk kopi, teh, sarabba. Untuk snack ada keripik amplang. Produk UMKM yang juga diminati adalah produk olahan ikan. Tapi sementara kita lihat produk unggulan apa yang bisa kita pasarkan ke hotel-hotel,” bebernya.

Hati menambahkan, karena ini produk home industri maka untuk izin baik izin BPOM maupun MUI sementara berproses.

Sementara itu, General Manager Hotel Harper Perintis by Aston I Gede Arya Pering Arimbawa mengatakan pihaknya menawarkan untuk memasarkan sehingga kedepan ada transaksi jual beli.

“Kami mencoba mengakomodir dan membuka peluang kerjasama agar produk UMKM Maros bisa disalurkan,” ujarnya.

Sebagai langkah awal, produk berupa makanan ringan atau snack dalam bentuk kemasan akan ditaruh sebagai produk minibar di kamar-kamar hotel. Selain itu pihaknya juga akan menjadikan produk lokal Maros sebagai produk dalam goodie bag serta produk pelaksanaan meeting.

“Bisa juga kami membawa produk tersebut untuk kunjungan sales trip keluar kota. Intinya kami bekerjasama dengan Maros untuk membuka paradigma agar produk UMKM Maros mampu bersaing sehingga produk UMKM mengglobal. Apalagi Hotel Harper Perintis punya customer universal dari wisatawan domestik berbagai provinsi hingga wisatawan international,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan