Perkuat Literasi Digital Kaum Muda, Pemuda Muhammadiyah Sulsel Bakal Buat Webinar Demokrasi

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Pimpinan Wilayah (PW) Pemuda Muhammadiyah (PM) Sulsel bekerjasama Bawaslu Provinsi Banten dan IDVolunteering akan melaksanakan webinar partisipasi demokrasi lewat media digital.

Kegiatan webinar yang bertajuk “Youth Active Participation in Democracy through Digital Media” ini bakal dilaksanakan, Sabtu, 15 Januari 2022 Via Zoom Meeting.

Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Awardee Australia Awards Indonesia, yang bertujuan untuk mengedukasi kaum muda dan perkuat literasi digital agar semakin melek media, menciptakan kesadaran tentang informasi yang salah (misinformasi) & disinformasi, dan melibatkan mereka lebih aktif dalam dunia digital dengan konten positif.

Pengagas Kegiatan Awardee Autralia Awards, Ilham Riyadi menjelaskan bahwa populasi anak muda saat ini sangat besar dan menjadi urutan tertinggi pertama dari data BPS 2020 sehingga sangat penting untuk terlibat dalam partisipasi demokrasi di Indonesia.

“Kita menjadi populasi teratas dan merupakan pengguna media sosial terbesar sehingga sangat penting untuk memahami literasi media,” tutur Ilham Riyadi dalam rilisnya, Selasa (11/1/2022).

Lanjut, Sekretaris Pemuda Muhammadiyah Sulsel ini menambahkan bahwa kaum muda rentan dengan Hoax atau berita bohong sebab kesehariannya sering di Cyberspace yang bisa secara tidak sadar mendapati informasi-informasi tidak benar yang bisa dipercayai dan dibagikan kembali.

“Kegiatan kami untuk mengajak kaum muda untuk semakin melek media dan menjadi agen perubahan di sosial media karena jika 1 pemuda sadar hoax maka banyak orang yang terselamatkan jika tidak dibagikan dan dipercayai atau mengedukasi teman-temannya tentang informasi salah dan bohong,” tuturnya.

Diketahui kegiatan Webinar ini akan menghadirkan keynote speaker dari Australia, Dr. Angela Romano, Associate Professor, Queensland University of Technology.

Juga empat panelis, Rory Asyari – Senior Journalist & Awardee Australia Awards, Zemy Prabowo – Content Creator, Most favourite & top 6 L-Men of the Year 2019, Fritz Edward Siregar, SH., LLM., PhD – Koorrdinator Divisi Hukum, Humas, dan Data dan Informasi Bawaslu RI, dan Septriana Tangkary SE, MM – Direktur Informasi dan Komunikasi, Perekonomian dan Maritim, Kementerian Kominfo.

Dan akan dipantu oleh  Wisnu Trianugraha merupakan Operation Coordinator Australia Indonesia Youth Association. (*)

  • Bagikan