Pria ini Nekat Transplantasi dari Jantung Babi, Begini Keadannya Sekarang

  • Bagikan

AMERIKA SERIKAT, RAKYATSULSEL – Seorang pria AS telah menjadi orang pertama di dunia yang mendapatkan transplantasi jantung dari babi yang telah dimodifikasi secara genetik.

David Bennett, 57 tahun, akhirnya merasa baik-baik saja selama tiga hari setelah menyelesaikan prosedur 7 jam eksperimen transplantasi jantung babi ke manusia di Baltimore, kata dokter.

Transplantasi ini dianggap sebagai harapan terakhir untuk menyelamatkan hidup Bennett, meskipun belum jelas apa peluang jangka panjangnya untuk bertahan hidup.

“Antara mau mati atau harus melakukan transplantasi ini,” kata Mr Bennett sehari sebelum operasi.

“Saya tahu ini adalah hal yang mungkin buruk, tetapi ini adalah pilihan terakhir saya,” sambungnya.

Para dokter di Pusat Medis Universitas Maryland diberikan dispensasi khusus oleh regulator medis AS untuk melakukan prosedur tersebut, dengan dasar bahwa Bennett yang memiliki penyakit jantung terminal jika tidak, dia akan meninggal.

Dia sebenarnya dianggap tidak memenuhi syarat untuk transplantasi manusia, keputusan yang sering diambil oleh dokter ketika pasien dalam kesehatan yang sangat buruk.

“Sebagai informasi tambahan, babi yang digunakan dalam transplantasi telah dimodifikasi secara genetik untuk melumpuhkan beberapa gen yang menyebabkan organ tersebut ditolak oleh tubuh Bennett,” lapor kantor berita AFP.

Bagi tim medis yang melakukan transplantasi, ini menandai puncak dari penelitian bertahun-tahun dan dapat mengubah kehidupan di seluruh dunia. (bbc/*)

  • Bagikan