Kaleidoskop 2021, Unhas Bangun Hotel dan Convention Center dengan Pengelolaan Profesional

  • Bagikan

Fasilitas lain yang dikembangkan adalah Kawasan Tambak Unhas di Desa Bojo Kabupaten Barru. Ini diawali dengan pengoperasian tambak intensif sebanyak dua petak seluas 1 hektar. Juga dikembangkan tambak mini dari kolam terpal bundar sebanyak 10 unit untuk budidaya Ikan Nila dan udang Vannamei supra intensif dengan teknologi biofloc.

Selain itu, sarana aquaponik skala mini yang sekaligus menjadi demplot pengembangan budidaya ikan dan sayuran secara terintegrasi. Pada lokasi ini pula telah dilakukan revitalisasi sarana eduwisata dengan menghadirkan mangrove track yang dilengkapi berbagai spot foto yang instagramable.

“Kawasan Tambak Unhas tidak hanya berkontribusi pada peningkatan pendapatan Unhas dari sektor pengelolaan aset, namun juga mendukung kegiatan riset dan pembelajaran bagi mahasiswa, penelitian dan masyarakat. Hal ini telah dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa dan peneliti dari berbagai perguruan tinggi serta siswa kejuruan di kawasan timur Indonesia,” paparnya.

Untuk melengkapi sarana kolam renang, telah pula dibangun kiddy pool. Ini akan mendukung fungsi kawasan Unhas semakin lengkap dan banyak aktivitas. Kawasan Unhas sebagai sarana olahraga, seni, budaya, dan rekreasi (space).

Dalam rangka mendukung Unhas sebagai world class university, pada tahun 2021 dikembangkan fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan hunian bagi mahasiswa maupun peneliti asing. Sebanyak 82 kamar yang merupakan bagian dari unit Asrama Mahasiswa (Ramsis) telah dikembangkan fasilitasnya dan disiapkan untuk dapat menjadi dormitori mahasiswa internasional.

Penggunaan fasilitas tersebut telah diuji coba pada mahasiswa peserta merdeka belajar yang berasal dari kampus-kampus di Sumatra dan Jawa pada bulan November sampai Desember 2021.

Pengembangan infrastruktur Unhas multi kampus juga terus menggeliat. Dengan dukungan pemerintah kabupaten setempat, penataan dan pembangunan kampus terus berlangsung di Kampus Unhas Sidrap, Kampus Unhas Soppeng, Kampus Unhas Selayar, dan Kampus Unhas Barru.

Rumah Sakit Unhas juga masih melanjutkan penyelesaian pengembangan melalui Grant Kredistantalt fur Wiederwaufbau (KfW) dari Jerman. Pekerjaan yang dilaksanakan di tahun 2021 lalu antara lain pengadaan alat-alat kesehatan, telemedicine, hospital management information system, serta lanjutan gedung parkir.

“Banyak fasilitas pendukung lain yang dibangun di unit kerja Unhas yang semuanya diarahkan pada dukungan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kenyamanan sebagai rumah bersama sivitas akademika Unhas,” katanya.

Pengembangan berbagai sarana pendukung pembelajaran, penelitian dan pengembangan kemahasiswaan di setiap unit kerja Unhas juga tidak dilupakan.(*)

  • Bagikan

Exit mobile version