Taufan Pawe ‘Tularkan’ Simbol Leluhur Pelaut Ulung Bugis Makassar di HUT MKGR ke-62

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKSUL– Puncak perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-62 Ormas Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) yang dipusatkan di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan berlangsung sukses dan semarak, Minggu, (16/1/2022) malam.

Nuansa adat Bugis-Makassar mewarnai perayaan acara yang dihadiri langsung oleh Ketua Dewan Kehormatan MKGR yang juga Ketua Umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto bersama sejumlah elite pimpinan partai Beringin.

Seluruh tamu mengenakan pakaian adat tradisional Bugis-Makassar. Menariknya, panggung acara yang dikemas menggunakan audio visual dengan layar LED ini didesain berbentuk Perahu Phinisi dengan layar terkembang.

Saat ditanya oleh awak media, Ketua MKGR Sulsel, Taufan Pawe mengemukakan, simbol leluhur pelaut ulung Bugis-Makassar itu merupakan wujud komitmen MKGR solid dalam mengantarkan kemenangan pada Pemilu 2024 mendatang.

“Tekad dibarengi keberanian, kecerdasan, ketelitian, solid, dan strategi pelaut ulung Bugis Makassar kami tularkan di HUT MKGR ke-62. Sekali layar terkembang pantang bidik surut ke pantai. Sekali kami berkomitmen, pantang langkah kami surut menciut. MKGR-Golkar Sulsel solid memenangkan Bapak Airlangga sebagai Presiden di 2024,” tegas Taufan Pawe.

Suasana HUT ormas MKGR ke-62 yang digelar di Hotel Claro Kota Makassar, Minggu, 16 Januari 2022.

Taufan juga mengutip pribahasa Bugis “Pura babbara sompe’ku, pura tangkisi’ goli’ku, ulebbirenni tellengnge natowalie”, pribahasa yang menjadi slogan pelaut ulung Bugis Makassar yang mengartikan jika layar sudah terkembang, kemudi sudah terpasang, lebih baik tenggelam daripada menyurutkan langkah”.

Dalam sambutannya pun Taufan Pawe menegaskan komitmen itu. “Dipercayakan Sulsel sebagai tuan rumah adalah isyarat yang harus mampu saya terjemahkan bahwa MKGR harus bahu membahu mengusung dan memenangkan Bapak Airlangga sebagai Presiden di 2024,” ujar Taufan Pawe lantang disambut tepuk tangan.

Sementara, Ketua Dewan Kehormatan MKGR yang juga Ketua Umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto pun memberikan pandangan positif panggung dengan simbol perahu phinisi itu. “Saya malam ini berdiri di atas kapal Phinisi. Tadi saya rencanakan berlayar di atas kapal tapi karena ada rapat, maka alhamdulillah Phinisinya dibawa ke dalam ruangan ini,” kelakar AH yang diketahui merupakan Menteri Koordinator Perekonomian RI.

“Simbol Phinisi adalah simbol perjuangan, pantang mundur sekali layar terkembang,” lanjut AH dengan suara lantang membakar semangat Pengurus MKGR dan Golkar.

Selain simbol kapal Phinisi, acara yang menghadirkan penyanyi asal Sulsel Dian Ekawati ini juga memajang ornamen ‘bola Ugi’ atau rumah Bugis. Rumah tersebut menjadi simbol teduh dan melindungi. (*)

  • Bagikan