Makassar Masuk Salah Satu Lokasi Muhibah Budaya dan Festival Jalur Rempah 2022

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menerima kunjungan kerja Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Restu Gunawan di kediaman pribadi Wali Kota Makassar, Jl Amirullah, Senin (31/1).

Restu Gunawan didampingi Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Sulsel. Sementara, Danny–sapaan akrab Walikota didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar Andi Herfida Attas, dan Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Muh Roem.

Pertemuan ini terkait koordinasi lanjutan pelaksanaan kegiatan Muhibah Budaya dan Festival Jalur Rempah 2022. Dimana Makassar merupakan salah satu kota yang menjadi titik persinggahan KRI Dewaruci dari beberapa titik alur perencanaan pelayaran.

Kegiatan akan dilaksanakan pada 1 Juni 2022 bertepatan dengan peringatan Hari Kelahiran Pancasila.

Harapannya, kegiatan ini, dapat menjadi wadah pertemuan pelaku budaya lintas daerah, wahana diplomasi serta kampanye untuk mengangkat kembali sejarah peradaban nusantara serta kearifan lokal.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menyambut secara antusias rencana penyelenggaraan acara ini. Bahkan, Dirinya menyarankan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara global dengan melibatkan negara-negara yang punya historis. Utamanya terkait jalur perdagangan rempah di masa lampau.

“Mengingat Makassar di masa dulu punya konstribusi besar terkait diplomasi dan distribusi rempah ke negara negara yang telah mengangkat derajat dan nama besar Indonesia di mata dunia,” ungkap Danny–sapaan akrabnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar Andi Herfida Attas, mengatakan, Wali Kota Makassar melalui Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisata akan ikut memberikan support perjalanan pelayaran Jalur  Rempah saat tiba di Kota Makassar. (*)

  • Bagikan