Tim BPCB Sulsel Survei Bangunan Cagar Budaya Sekolah Tionghoa di Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL – Tim Tekhnis Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Sulawesi Selatan yang merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Tekhnologi, melakukan survei untuk menindaklanjuti usulan pelaksanaan rehabilitasi dan revitalisasi bangunan cagar budaya Sekolah Tionghoa Kuo Min Tang yang merupakan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare saat ini.

Tim Teknis BPCB tersebut telah diterima oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Parepare, Makmur sejak Rabu kemarin.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kota Parepare, Mustadirham menyampaikan, Tim Teknis BPCB tersebut bertugas dan diutus oleh Kementerian. Sebanyak 14 orang untuk melakukan survei serta kegiatan teknis terkait dengan seluruh kawasan dan bangunan cagar budaya eks sekolah Tionghoa yang berada di jalan Pettana Rajeng Kota Parepare ini.

“Mereka terdiri dari Tim Teknis ada pamong budaya, pengolah data, tenaga teknis yang memang sengaja didatangkan untuk mengukur secara detail seluruh bagian-bagian dari bangunan cagar budaya ini. Itu memang dihadirkan dan didatangkan untuk megkaji lebih dalam terkait dengan kondisi bangunan dan hasilnya ini akan terbit sebuah rekomendasi yang bisa jadi pedoman untuk pelaksanaan pemugaran, pelaksanaan rehabilitasi adaptasi dan revitalisasi bangunan cagar budaya Sekolah Tionghoa Kuo Min tang ini,”jelas Mustadirham.

Mustadirham menuturkan, Pemerintah Kota Parepare berbangga dan bersyukur atas respon dan perhatian yang diberikan oleh pihak BPCB yang telah menindaklanjuti rencana pelaksanaan revitalisasi tersebut.

“Ini merupakan satu kebanggan dan kesyukuran kita bahwa perhatian dan dukunagn dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan ini betul-betul sangat memberikan respon dan perhatian untuk Kota Parepare. Karena kita membutuhkan petunjuk teknis terkait perawatan dan pelsetarian dan pengembangan cagar budaya di Kota Parepare,”tandasnya.(Yanti).

  • Bagikan

Exit mobile version