Petani di Luwu Temukan Benda diduga Bom

  • Bagikan

LUWU,RAKYATSULSEL – Dua warga Desa Buntumatabing, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, menemukan benda diduga Bom di lahan kebunnya saat menggali lubang untuk menanam pohon coklat, Jumat (11/2/2022).

Adalah Jubdin dan Akram warga dusun Tarere, Desa Buntumatabing Kecamatan Larompong yang menemukan langsung benda yang diduga Bom tersebut.

Kronologis penemuan benda yang diduga Bom tersebut yakni sekitar pukul 15.00 Wita, Jubdin beserta Akram meninggalkan rumahnya menuju kebunnya yang terletak sekitar 1 km dari perkampungan di atas gunung.

Setelah tiba di kebunnya, Jubdin dan Akram langsung menggali lubang untuk  menanam pohon coklat. Kemudian sekitar pukul 17.00 Wita, Jubdin pada saat menggali lubang berikutnya, menemukan benda yang aneh berupa besi, ia pun langsung mengangkat benda tersebut.

Karena penasaran, keduanya pun membersihkan benda yang awalnya tertutup tanah. Setelah melihat benda tersebut, keduanya pun panik lantaran benda tersebut berbentuk seperti bom.

Sekitar pukul 17.30 Wita, Jubdin bersama Akram pulang menuju rumahnya dengan membawa benda yang diduga Bom tersebut dengan hati-hati.

Sesampai di rumahnya Akram pun menaruh benda yang diduga Bom tersebut di luar rumah, sejauh 30 meter karena takut jangan sampai meledak.

Setelah itu Akram membuka you tube untuk mencari tahu jenis BOM tersebut.

“Saya pun mencari info di youtube, terkait jenis bom tersebut. Setelah itu kami langsung melaporkan ke kepala Dusun, yang selanjutnya Kepala Dusun juga laporankan ke kepala Desa Buntumatabing,” jelas Jubdin.

Sekita pukul 19.30 Wita, Kepala Desa Buntumatabing, Komba Suwanto yang juga seorang purnawiran TNI, setelah mendapat info tersebut, langsung menghubungi Danramil Larompong dan melaporkannya.

Danramil pun memerintahkan Babinsa Buntumatabing untuk segera menuju lokasi atau rumah yang menemukan benda yang diduga bom tersebut.

Terkait penemuan benda yang diduga Bom oleh dua warga Buntumatabing tersebut, Wakapolsek Larompong, Ipda Mulyadi mengatakan, telah berkoordinasi dengan pihak Koramil Larompong untuk melakukan langkah pengamanan.

“Kami sudah lakukan koordinasi dengan pihak TNI dari Koramil Larompong, sementara benda yang diduga bom tersebut diamankan di Koramil dan langkah selanjutnya Pak Kapolsek akan menghubungi tim penjinak BOM dari Brimob,” kata Mulyadi.

Menurut Mulyadi, jenis benda yang diduga Bom itu diperkirakan semacam bom pesawat jaman perang.

“Iya sejenis bahan peledak (bom) tapi sudah tidak aktif, sebab pemicu dan serbuk mesiu sudah berhamburan, jenisnya mirip bom pesawat, lingkarannya seukuran betis manusia dan modelnya seperti peluru,” jelasnya. (Irw)

  • Bagikan