Pemkot Palopo Beri Pembekalan Keselamatan Pelayaran dan Hukum Laut ke Nahkhoda Kapal Nelayan

  • Bagikan

PALOPO, RAKYATSULSEL – Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ilham Hamid. SE.MM, mewakili Wali Kota Palopo membuka resmi Diklat Basic Savety Training (BST) Dan Surat Keterangan Kecakapan 60 Mil (Bagi Anak Nelayan), di Hotel Harapan Palopo. Senin 14/02/2022.

Pelatihan SKK ini merupakan pembekalan bagi para Nahkoda kapal nelayan, tentang penerapan Hukum laut, dan juga keselamatan pelayaran, karena Nahkoda bertanggung jawab penuh, terhadap kapal dan muatan di dalamnya, selama melakukan pelayaran penangkapan ikan.

Asisten II menyampaikan bahwa, pendidikan dan pelatihan Diklat Basic Savety Training dan Surat Keterangan Kecakapan 60 mil ini dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan bagi para anak nelayan sekaligus sebagai bukti laik melaut bagi mereka terkait dengan aktifitas penangkapan ikan.

”Dengan digelarnya Diklat BST dan SKK 60 mil bagi Anak Nelayan, maka dapat dimaknai sebagai upaya pemberian kemampuan kepada anak nelayan yang membutuhkan, untuk kegiatan wirausaha, sehingga dapat mengurangi kemiskinan dan pengangguran,” jelasnya.

“Dengan mengikuti pelatihan ini, maka peserta akan memiliki seperti SIM di laut, sehingga tidak bisa ditangkap oleh Polisi Perairan dan Udara (Polairud), karena sudah memiliki kelengkapan persyaratan yang ditetapkan pemerintah,” kuncinya.

Turut hadir para pemateri dari Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, para Pemerhati dan stakeholder, serta tamu undangan lainnya. (*)

  • Bagikan