Pemda Mateng Gelar Forum Lintas Perangkat Daerah

  • Bagikan

MATENG,RAKYATSULSEL – Melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Pemda Mateng menggelar Forum Lintas Perangkat Daerah, dalam rangka penyusunan rancangan rencana kerja (Renja) perangkat daerah Kabupaten Mamuju Tengah tahun 2023. Bertempat di Aula Kantor Bupati Mateng. Selasa, (22/2/22).

Sekda Mateng, Askary menyatakan, forum ini merupakan forum perencanaan, forum penajaman program. Mulai dari program tingkat Desa, Kecamatan hingga Kabupaten untuk menyesuaikan demi mencapai target rancangan kerja pemerintah daerah (RKPD), visi misi pemerintah daerah melalui RPJMD yang sudah linier sesuai dengan yang diprogramkan.

“Intinya adalah penajaman program di setiap OPD. Sekarang ini kita sudah ketahui bahwa anggaran viskal kita saat ini sangat minim. Program prioritas sangat banyak, kebutuhan masyarakat kita terkait program baik itu program infrastruktur maupun non infrastruktur itu sangat besar,” ungkap Askary saat sambutan

Namun kemampuan kapasitas viskal pemerintah masih terbatas, sehingga dirinya mengharapkan keseluruh OPD agar menyiapkan strategi, harus mengefektifkan mengefisienkan program, anggaran yang berada di masing masing OPD agar sasaran dan peruntukannya tepat, demi mendapatkan hasil yang optimal sesuai dengan kondisi yang dialami saat ini.

” Salah satu caranya menggunakan strategi, ini sudah saya sampaikan mulai dari tingkat pemerintah Desa. Karena Desa juga harus berperan aktif terkait program proses pembangunan, sebab sepuluh persen APBD kita sudah masuk di Desa,” terang Askary

Askary, menyampaikan pada saat Musrenbang di Kecamatan Topoyo beberapa waktu yang lalu, anggaran OPD lebih kecil dibandingkan yang dikelola oleh pemerintah Desa.

“Ada OPD kita mengelola anggaran kurang lebih Rp500 juta, kalau Desa tidak pernah di bawah 1 miliar kalau digabungkan APBN dan ADD-nya. Kemarin waktu kita bertemu dengan pemerintah Desa, kami tegaskan supaya program yang dibuat oleh pemdes nya harus betul betul sinergi dan linear dengan program yang dibuat oleh pemerintah Kabupaten (Pemkab),” tutur Askary

Hal ini dilakukan, agar visi misi pemerintah daerah yang tertuang dalam RPJMD bisa tercapai. Dengan melihat anggaran yang terbatas, salah satu setrategi pemerintah mulai dari tingkat Desa,Kecamatan hingga Kabupaten adalah membuat inovasi dan karya fitas kerja. (Sdr)

  • Bagikan