DPRD Sulsel Desak Istana, Ihwal Pelantikan Andi Sudirman

  • Bagikan
MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan mulai ‘gerah’ atas ketidakjelasan pelantikan Andi Sudirman Sulaiman sebagai gubernur definitif.
Sikap DPRD Sulsel tersebut diwujudkan dalam bentuk surat yang dilayangkan ke Kementerian Dalam Negeri. Dewan meminta, Andi Sudirman harus segera dilantik sebelum 5 Maret.
“Per hari ini (kemarin) kami menyurat dan meminta supaya dilakukan pelantikan gubernur definitif,” kata Wakil Ketua DPRD Sulsel, Ni’matullah, Kamis (24/2).
Menurut dia, belum ada tanda-tanda Istana menjadwalkan pelantikan Andi Sudirman. Padahal, kata dia, sudah satu bulan DPRD Sulsel melakukan rapat paripurna pemberhentian Nurdin Abdullah danĀ  mengusulkan Andi Sudirman sebagai gubernur tetap.
Politikus Partai Demokrat ini mengatakan, alasan DPRD meminta agar dilakukan pelantikan gubernur definitif. Menurut dia, Sulsel merupakan provinsi besar dan cukup luas. Selain itu, banyak hal-hal yang strategis untuk segera dilakukan oleh gubernur definitif.
Posisi sebagai pelaksana tugas, kata Ni’matullah, memiliki kewenangan dan kebijakan yang sangat terbatas. “Jadi pemerintah pusat tidak boleh membiarkan dan menggantung ini barang (pelantikan). Sulsel itu provinsi besar tidak boleh diurus sendiri oleh Gubernur,” ujar dia.
Ni’matullah juga menyebutkan saat ini begitu banyak permasalahan yang sudah hampir dipastikan tidak bisa dikerjakan oleh Andi Sudirman Sulaiman. Sehingga dibutuhkan pendamping untuk menjalankan sisa masa jabatanya ini.

  • Bagikan