Kampus Mengajar Tiga UIM Luluskan 55 Peserta

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Islam Makassar, Profesor Arfin Hamid, mengapresiasi lulusnya 55 peserta Kampus Mengajar Tiga (KM3) di Universitas Islam Makassar. Hal itu disampaikan dalam acara silaturahmi dan pembekalan KM3 secara daring, Kamis (10/3/2022).

“Selamat atas kelulusannya setelah mengikuti seleksi dan tahapan yang panjang. Semoga lulusan KM3 dapat melaksanakan tugas dengan baik,” kata Arfin.

Menurut dia, adanya program kampus mengajar ini membuat mahasiswa harus mempersiapkan diri dalam melaksanakan proses pembelajaran yang akan dilakukan di sekolah. Hal itu sangat penting mengingat pembelajaran merupakan proses transfer ilmu pengetahuan.

“Program mengajar ini membuat Anda harus lebih pintar dari pada yang diajar. Oleh karena itu Anda harus mempersiapkan diri menguasai materi dan mempersiapakan bahan ajar yang akan diajarkan pada siswa,” imbuh dia.

Arfin menambahkan para peserta KM3 harus senantiasa menjaga etika sebagai guru di sekolah. Dia juga menekankan kepada ketua program studi agar mekakukan konversi 20 SKS pada mahasiswa yang mengikuti program KM3 pada semester berjalan. Hal itu sesuai dengan kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebidayaan, Riset dan Teknologi.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIM, Nurdin mengucapkan selamat menjalankan amanah pada kepada peserta KM3. Dia berharap mahasiswa UIM senantiasa mengedapankan nilai-nilai ahlusunna waljamaah di manapun berada sebagai ciri kampus UIM sabagai kampus di bawah naungan Nahdlatul Ulama.

Koordinator PIC UIM, Badruddin Kaddas, menambahkan peserta KM 3 UIM tersebar di empat provinsi, yakni Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Selatan. Adapun di Sulsel tersebar di sepuluh kabupaten dan kota.

“Mudahan-mudahan peserta KM3 dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, mengingat lokasi dan tipografi daerah yang berbeda-beda,” ujar Dekan FKIP UIM.

Dia menambahkan untuk Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) di UIM sendiri ada 25 orang yang dilibatkan sebagai DPL.

Sementara itu, Person in Charge (PIC) KM3 UIM, Supriadi mengatakan dari 55 peserta KM3 yang lolos seleksi didominasi oleh mahasiswa dari FKIP sebanyak 23 orang yang berasal dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, PGSD, dan Pendidikan Bahasa Inggris. Dari Fakultas Agama Islam sebanyak 14 orang, Fakultas Sosial dan Politik 13 orang, Fakultas Pertanian 4 orang, dan Fakultas Teknik 1 orang. (*)

  • Bagikan