Pertama Kalinya Dalam Sejarah, Tiga Tim Sepak Bola Makassar Berlaga di Piala Soeratin 2022

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Puluhan anak-anak dan remaja yang tergabung dalam tiga Tim Sepak Bola Sulawesi Selatan (Sulsel) kategori usia 13, 15, dan 17 tahun, akan diikutkan dalam turnamen bergensi tingkat nasional bernama piala Soeratin tahun 2022. Dimana, dalam turnamen ini Kota Makassar menjadi satu-satunya daerah yang mewakili Sulsel.

Makassar berhasil menyingkirkan semua perwakilan tim sepak bola dari daerah lain pada ajang turnamen regional yang diselenggarakan Asprov Sulsel.

Ketua Askot PSSI Makassar Ahmad Susanto mengatakan, piala Soeratin nasional ini adalah lanjutan dari seleksi pada tingkat provinsi. Setiap pemenang regional di masing-masing provinsi akan diikutkan untuk mewakili putaran nasional.

“Ini pertama kali dalam sejarah tiga-tiganya diwakili Makassar,” kata Ahmad usai melepas kontingen di Lapangan Karebosi, Rabu malam (9/3/2022).

Sebagai penanggung jawab tertinggi, Ahmad berharap para peserta datang bukan sebagai penggembira tetapi berjuang dan menang sesuai target pada tingkat nasional.

Sebelum berangkat, para tim ini disebut telah melakukan persiapan dengan matang jauh hari sebelumnya. Mulai dari putaran regional sampai ke putaran jelang nasional pemain terus latihan mengembangkan pola-pola latihan.

“Jadi anak-anak ini didampingi terus menerus, mereka latihan sesuai porsinya masing-masing,” sebut dia.

Dalam ajang bergengsi ini, Ahmad menarget para peserta minimal tembus ke semifinal. Ia mengatakan, sejauh ini pencapaian terbaik Sulsel adalah 8 besar, sehingga harapan itu bisa jauh dari sebelumnya.

“Mudah-mudahan kita bisa melampaui pencapaian terbaik, minimal semifinal dan kita fight untuk juara,” ujarnya.

Bila Makassar berhasil keluar sebagai juara pada laga tersebut, Ahmad menyebut telah menyiapkan hadiah motor untuk pelatih.

“Ada saya siapkan NMAX bagi pelatih kalau juara semua usianya. Untuk kategori usia ini, itu adalah pembinaan usia. Sehingga kami tidak mengiming-imingi pemain dengan hal-hal yang berbau materi. Tapi adalah pasti untuk anak-anak tapi bukan untuk orientasinya,” bebernya.

Dalam Piala Soeratin kali ini, tim U-13 Sulawesi Selatan masuk dalam grup F. Mereka akan berhadapan dengan Kalimantan Selatan, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta.

Sedangkan U-15 tergabung di grup C bersama Riau, Maluku, dan Kalimantan Selatan.

Untuk U-17 berada pada grup C. Adapun yang menjadi kompetitornya adalah Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara. (Cr3)

  • Bagikan