Rutan Pinrang Gelar Peringatan Isra’ Mi’raj

  • Bagikan

PINRANG, RAKYATSULSEL – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Pinrang menggelar peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1443 Hijriah di Masjid Al Ikhlas Rutan Pinrang, Kamis (10/3).

Peringatan tahun ini, Rutan Pinrang Kemenkumham Sulsel mengangkat tema Teguhkan Semangat Beragama dan Berbangsa. Hikmah Isra’ Mi’raj dibawakan Syekh Sayyid Abd. Rahim Assegaf Puang Makka selaku Mustasyar Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU).

Kepala Rutan Pinrang, Wahyu Trah Utomo menyampaikan terima kasih atas waktu yang diluangkan oleh Syekh Sayyid Abd. Rahim Asegaf karena menyempatkan hadir di Rutan Pinrang.

“Terima kasih yang setinggi-tingginya kami haturkan kepada Gurunda Syekh Sayyid Abd. Rahim Asegaf, karena di tengah padatnya kegiatan beliau, dapat menyempatkan diri bertatap muka langsung dengan jajaran dan Warga Binaan Rutan Pinrang,” ucap Wahyu.

Sementara itu, Penceramah Syekh Sayyid Abd. Rahim Asegaf menjelaskan salah satu hikmah Isra’ Mi’raj yang bisa dipetik adalah bagaimana sikap ke Indonesiaan dan Keislaman semakin ditegukan tanpa harus dipertentangkan satu sama lain.

“Mencintai Indonesia bukan berarti kita tidak Islami, begitupun sebaliknya, kita berislam bukan berarti tidak cinta Indonesia. Sejarah telah menuliskan bahwa kemerdekaan Indonesia itu direbut bukan dihadiahkan, para alim ulama menjadi salah satu pejuang yang meneteskan darah dan air mata. Oleh karena itu, jika kita mengaku Islam wajib hukumnya mencintai Indonesia, karena itu bagian dari ibadah,” ungkapnya.

Putra dari K.H. Jamaluddin Assegaf Puang Ramma ini pun memanjatkan doa seraya diaminkan oleh seluruh jamaah yang hadir.

“Semoga Rutan Pinrang selalu aman, terbit dan damai, dijauhkan dari segala marabahaya, petugas dan Warga Binaan selalu diberikan kesehatan, serta dikabulkan oleh Allah SWT atas apa yang dicita-citakan,” pungkasnya. (Amran)

  • Bagikan