Golkar Target Sapu Bersih

  • Bagikan

Direktur lembaga survei Jaringan Suara Indonesia (JSI), Nursandi Sam mengatakan bahwa target Golkar di Sulawesi maupun Indonesia Timur adalah hal wajar.

Menurut Nursandi, khusus di Sulsel, Taufan Pawe selaku Ketua Golkar Sulsel beberapa kali mendapat amanah Gokar untuk hajatan nasional. Itu menandakan pengurus pusat memberi kepercayaan kepada TP di Sulsel.

“Kami ita melihat Taufan Pawe terus dipercaya dan cukup diandalkan untuk menjalankan amanah selaku Ketua di Golkar Sulsel oleh Airlangga Hartarto,” kata Nursandi.

Menurutnya, sikap Ketum AH yang ditunjukkan ke TP sudah tepat dan memang perlu dilakukan untuk menjaga harmoni kebersamaan di tubuh Golkar Sulsel.

“Bicara peluang maju di Pilgub Sulsel 2024, kans TP sangat terbuka. Tapi mesti melewati beberapa ujian,” imbuh Nursandi.

Dia mengatakan TP memiliki tugas besar bersama Golkar Sulsel. TP lebih dahulu perlu menunjukkan kinerja dan capaian pada pileg dan pilpres 2024. Di fase ini, sangat krusial bagi TP bila ingin menjadikan Golkar sebagai tunggangan politik di Pilgub Sulsel 2024.

“Di samping itu, TP punya tugas personal di luar Golkar. Ia perlu menaikkan nilai elektoralnya jika ingin diusung oleh partainya sendiri dan dilirik oleh parpol lain,” kata Nursandi.

Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI) Suwadi Idris Amir mengatakan melihat internal Golkar, Taufan Pawe memang dipersiapkan maju di Pilgub 2024 nanti.

“Itu sudah hampir pasti, karena dia sudah diberikan amanah mengendalikan mesin Partai Golkar. Sangat tidak masuk akal kalau TP diberikan amanah sebagai ketua DPD I namun bukan diusul,” ujar Suwadi.

Namun kursi calon gubernur tersebut bisa lepas jika eletoral Taufan Pawe tidak mampu bersaing dengan nama-nama populer lainnya. “Kalau tidak bisa jadi calon gubernur, kemungkinan hanya sebagai calon wakil,” pungkasnya. (Yad-Fah)

  • Bagikan