Laga PSM vs Persela di BRI Liga 1, Laga Hidup Mati dengan Misi Berbeda

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – PSM Makassar dan Persela Lamongan berburu tiga poin saat bersua pada pekan ke-31 BRI Liga 1 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (14/3/2022). Kemenangan jadi harga mati buat kedua tim dengan misi berbeda.

PSM Makassar ingin memastikan diri bertahan di kompetisi kasta tertinggi musim depan. Sedang Persela Lamongan mengintip peluang keluar dari zona degradasi BRI Liga 1 2021/2022.

Saat ini, PSM mengoleksi poin 34. Secara matematis dengan tiga poin tambahan, posisi mereka aman dari ‘kejaran’ Persipura Jayapura, peringkat atas zona degradasi yang saat ini meraup 24 angka.

“Saya sudah tekankan kepada seluruh pemain agar fokus memenangkan pertandingan. Kami harus memastikan diri (bertahan) dan kemudian memperbaiki posisi di klasemen,” ujar Joop Gall pada sesi jumpa media, Minggu (13/3/2022).

Menghadapi Persela, Joop Gall sudah bisa memainkan duet gelandang Rasyid Bakri dan Manda Cingi yang baru terbebas dari sanksi akumulasi kartu. Kehadiran keduanya membuat beban M. Arfan sebagai jangkar sedikit berkurang karena keduanya dikenal sebagai pekerja di lini tengah. Kondisi ini juga membuat kreator serangan PSM, Wiljan Pluim lebih fokus membantu serangan.

Selain Rasyid dan Manda, Joop Gall memiliki alternatif di posisi bek sentral dengan pulihnya Ganjar Mukti. Kehadiran bek pinjaman dari Persis Solo membuat Hasim Kipuw atau Adam Mitter harus bersiap duduk di bangku cadangan.

Di sisi lain, absennya Abdul Rachman pada laga nanti tak terlalu dipermasalahkan oleh Joop Gall karena dirinya masih memiliki bek sayap yang sepadan yakni Yance Sayuri.

Situasi Sulit Persela

Dibandingkan PSM, situasi yang dihadapi Persela Lamongan lebih sulit dan rumit. Laskar Joko Tingkir terancam terlempar dari kompetisi kasta tertinggi yang mereka huni sejak musim 2004.

Bila menang atas PSM, mereka tetap berkubang di zona degradasi. Kalau pun mereka menyapu bersih empat partai dengan kemenangan, nasib Persela sangat bergantung pada hasil para pesaingnya.

Seperti diketahui, sampai pekan ke-30, Persela baru mengoleksi poin 20 atau tertinggal delapan angka dari Barito Putera yang berada di batas bawah zona degradasi.

Itulah mengapa, bila seri atau kalah dari PSM, Persela akan mengikuti langkah Persiraja Banda Aceh yang sudah dipastikan kembali ke Liga 2 musim depan.

Padahal, secara psikologis, modal mereka jelang laga nanti terbilang minor, di mana pada lima laga terakhir, tim asuhan careteker pelatih, Ragil Sudirman hanya sekali bermain imbang dan menelan empat kekalahan. Tiga diantaranya terjadi pada laga terakhir.

Prakiraan Susunan Pemain Persela vs PSM

PSM Makassar (4-4-2): Hilman Syah (Kiper), Dallen Doke, Erwin Gutawa, Ganjar Mukti, Yance Sayuri (Belakang), Manda Cingi, Muhammad Arfan, Rasyid Bakri, Willem Pluim (Tengah) Patrick Kallon, Golgol Mebrahtu (Depan).
Pelatih: Joop Gall

Persela Lamongan (4-2-3-1): Dwi Kuswanto (Kiper), Ricky Ohorella, Andri Muladi, M. Zaenuri , Valentino Telaubun (Belakang), Takwir, Guilherme Batata, Malik Risaldi, Gian Zola, Rahel Radiansyah (Tengah), Jose Wilkson (Depan).
Pelatih: Ragil Sudirman

Saksikan di Live: Vidio.com pada Senin, 14 Maret 2022, Pkl.16.00 WIB. (bola.com)

  • Bagikan