Makassar Luncurkan Makaverse

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Pemerintah Kota Makassar meluncurkan program Makaverse yang mengadopsi teknologi Metaverse. Platform ini diklaim akan memberi kemudahan berbagai pelayanan publik kepada warga kota.

Pengembangan platform Metaverse menjadi upaya Pemkot Makassar mengadopsi teknologi digital dengan realitas virtual. Wali Kota Makassar, Moh Ramadhan Pomanto mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan WIR Group, sebuah perusahaan teknologi berbasis augmented reality terkemuka untuk bersama mengembangkan platform tersebut.

Menurut Danny, alasan membuat konsep Makassar Metaverse adalah untuk mempermudah masyarakat dalam menjangkau pelayanan publik. Termasuk sektor lain, seperti pariwisata, pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan lain masyarakat Makassar maupun masyarakat luar yang berkunjung ke daerah ini.

“Metaverse mempermudah pelayanan publik, mempermudah branding, mempermudah pariwisata, mempermudah pendidikan. Kami belum sampai di Crypto atau transaksi NFT,” ujar Danny.

Wali kota dua periode itu juga menyampaikan, bukan hanya tamu yang akan difasilitasi tapi juga masyarakat Makassar. Metaverse ini dapat berguna jika masyarakat masih kebingungan menyentuh pelayananan publik yang ada.

Menurutnya, Makasar Metavers akan menjadi terobosan baru dalam pelayanan publik yang disandingkan dengan dunia digital. Makassar sendiri akan memiliki gaya metaverse tersendiri yang disesuaikan dengan karakter kearifan lokal.

“Karena kami sudah punya platfrom smart city jadi kami sudah punya jadi tidak sulit untuk kami akan membangun Metaverse dengan gaya Makassar makanya namanya Makaverse,” ungkapnya.

Danny menolak membeberkan besaran anggaran daerah yang digelontorkan untuk menciptakan program ini. “Sebenarnya tidak anggarannya tidak besar,” ujar dia.

  • Bagikan

Exit mobile version