Pemkot Parepare Dorong Kesetaraan Gender Lewat Musrenbang Perempuan

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL – Untuk mendorong partisipasi perempuan dalam pembangunan Kota Parepare, Pemerintah Kota melalui Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Perempuan.

Musrenbang Perempuan dibuka oleh Walikota Parepare HM Taufan Pawe, yang dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare Hj Erna Rasyid Taufan, Ketua DPRD Hj Andi Nurhatina Tipu, beberapa Kepaa SKPD, yang berlangsung di Balai Ainun, Selasa (15/3/2022).

Walikota Parepare Hm Taufan Pawe usai membuka kegiatan mengatakan, Musrenbang Perempuan ini merupakan panggung bagi perempuan untuk menyatukan ide dan inspiransinya untuk ikut pelibatan dalam membangun Kota Parepare.

“Sangat kelihatan wajah-wajah perempuan dari berbagai instrumen, organisasi baik organisasi keagamaan, organisasi profesi dan lain sebagainya. Saya berikan ruang, silahkan mengeluarkan ide-ide , pikiran, agar supaya peran perempuan, kepentingan perempuan dapat terimplementasi dalam tata kelola pemerintahan Kota Parepare,”Jelas Taufan.

Lebih lanjut Taufan menjelaskan bahwa, Saat ini Pemerintah Kota mampu menjawab tantangan pembangunan khususnya kesetaraan gender di Kota Parepare. Secara demografi kata dia, perempuan lebih banyak di Kota Parepare, yaitu sekitar 50,42 persen.

“Dan ini saya sudah implementasikan selama ini, karena dalam jabatan-jabatan struktural Pemerintahan Kota Parepare, perempuan cukup dominan, baik Pejabat Eselon III, lebih-lebih Eselon II maupun Lurah-lurah sebagian terwakili oleh perempuan. Yang jelas di depan mata saya perempuan harus punya posisi terhormat, kita buktikan bahwa nilai-nilai perempuan saat sekarang ini harus mendapat tempat yang profesional dan Mandiri,”pungkasnya.

Taufan juga menekankan, agar perempuan dapat terlibat untuk penanganan pandemi Covid-19.

“perempuan punya andil yang cukup berarti dalam penanganan Covid-19, apalagi perempuan-perempuan di Kota Parepare ini tidak sedikit yang punya peran penting. Perempuan dalam mengatasi pandemi Covid-19 harus mampu menunjukkan bahwa perempuan bisa berbuat seperti dilakukan oleh laki-laki,”imbuhnya.(Yanti)

  • Bagikan

Exit mobile version