Rusdi Masse Harap Gubernur ASS Fokus Perbaikan Jalan Milik Provinsi Lintas Daerah di Sulsel

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Presiden RI, Joko Widodo secara resmi melantik Andi Sudirman Sulaiman (ASS) sebagai Gubernur Sulawesi Selatan, definitif hingga 2023, pada Kamis, 10 Maret 2022 kemarin.

Tertu, banyak harapan dan Pekerjaan Rumah (PR) perlu dituntaskan oleh Gubernur termuda se-Indonesia itu. Apalagi tanpa dibantu oleh pendamping sang Wakil Gubernur.

Salah satu masih dikeluhkan masyarakat umum adalah infstrastruktur (jalan raya). Bagi para pengguna jalan, tentu seringkali menemui kondisi jalanan yang rusak sehingga bisa membahayakan pengendara. Kerusakan jalan paling umum adalah jalan berlubang, longsor, hingga genangan air.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Rusdi Masse Mappasessu (RMS) menitipkan harapan untuk Gubernur Sulsel, ASS agar menuntaskan proram serta pembangunan di Sulsel dalam kurun waktu masa sisa.

Menurutnya, yang perlu diprioritaskan oleh ASS selaku Gubernur definitif adalah terkait infstrastruktur jalanan, baik dalam Kota mupun lintas kabupaten milik Provinisi yang kerap dikeluhkan masyrakat sehingga menimbulkan kecelakaan.

“Harapanya, supaya Gubernur (pak ASS ) perhatian kewajiban jalan milik Provinsi, baik dalam kota atau lintas Kabupaten. Perlu perbaikan dan pembenahan agar tak dikuluhkan masyarakat saat melintas,” ujarnya, Saat ditemui, Selasa (15/3/2022).

Ketua DPW NasDem Sulsel itu, menganggap bahwa keluhan masyarakat soal jalan berlubang dan rusak adalah aspirasi yang perlu diperhatikan Pemerintah Provinsi dibawa kendali ASS.

Dengan begitu, ASS memangku jabatan Gubernur diharapkan tidak menghambur-hamburlan anggaran untuk membantu Pemda Kabupaten/Kota dalam Hut. Akan tetapi fokus kebutuhan publik terkait pembangunan insftrastruktur menjadi prioritas.

“Jangan terlalu banyak bantuan di daerah, bukan kewajiban. Itu kewajiban Provinsi memperbaiki jalan umum,” katanya.

Diketahui, belakangan masyarakat mengeluhkan terkait Jalan Antang Raya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Bahkan warga menggelar aksi unjuk rasa buntut jalan yang rusak parah bagaikan kubangan kerbau. Mereka menuntut Pemprov Sulsel menuntaskan perbaikan jalan sesegara mungkin.

Tak hanya itu, bel.lama ini juga. Ruas jalan milik Provinsi Sulsel, yang berada di Jl Tun Abdul Razak, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, rusak parah, bahkan dikeluhkan masyarakat saat melintas.

Kemacetan terjadi karena banyaknya lubang disertai genangan air di tengah dan bahu jalan. Beberapa kali pengguna jalan terjatuh di lubang yang cukup dalam. Namun, kini diperbaiki.

Begitu juga di beberapa ruas jalan umum lintas Kabupate kota masih rusak. Oleh karena itu, sebagai wakil Rakyat di Senayan asal dapil Sulsel III. RMS berharap ASS meperhatikan dan memperbaiki jalan poros lintas Sidrap-Sippeng dan Pinrang Sidrap.

“Jalan Sidrap Soppeng, Pinrang Sidrap selau kita lewati. Itu bukan satu tahun rusak jalanan, kayak tahun 1980-an,” pungkasnya.

Diketahui, saat menjabat sebagai Plt Gubernur. ASS kerap menggelontorkan anggaran capai puluhan miliar memberikan kepada daerah Kabupaten/kota saat perayaan HUT. (*)

  • Bagikan