Gelar Rakorsarda, Basarnas Sulsel Bahas Penyelamatan Manusia Wilayah Pesisir

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Badan SAR Nasional (Basarnas) Sulsel menggelar Rapat Koordinasi SAR Daerah (Rakorsarda) di Kabupaten Takalar, Kamis (24/3).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjalin koordinasi antar pemangku kepentingan dalam pelaksanaan pencarian dan pertolongan. Termasuk, agenda ini membahas rencana kontinjensi operasi SAR saat terjadi kondisi membahayakan manusia.

Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi mengatakan kegiatan ini sengaja difokuskan di Kabupaten Takalar. Pasalnya, merupakan wilayah yang kerap terjadi kondisi membahayakan manusia yang memerlukan operasi SAR.

“Kami sengaja memilih Takalar selain karena memang sering terjadi kondisi membahayakan manusia. Utamanya di wilayah pesisir yang sering terjadi korban terseret arus saat berada di pantai,” kata Djunaidi.

Djunaidi menyampaikan Rakorsarda ini bertujuan untuk menyamakan persepsi bagi seluruh Potensi SAR yang ada di wilayah Takalar. Harapannya, agar bisa merumuskan rencana kontinjensi yang bisa menjadi pedoman bagi setiap unsur untuk memahami tugas masing-masing saat terjadi kondisi membahayakan manusia.

“Kita berharap, Rakorsarda ini bisa merumuskan rencana kontijensi yang bisa kita sepakati bersama menjadi tugas kita saat terjadi operasi SAR di Takalar,” jelasnya. (Isak)

  • Bagikan