Renovasi Rujab Gubernur Kuras Rp3,6 Miliar

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Andi Sudirman Sulaiman pasca dilantik sebagai Gubernur Sulawesi Selatan belum menetap di rumah jabatan (rujab) gubernur yang berada di Jalan Sungai Tangka, Makassar. Pasalnya, hingga saat ini bangunan yang merupakan salah satu cagar budaya tersebut masih dalam proses renovasi.

Tak tanggung-tanggung anggaran renovasi rumah dinas untuk orang nomor satu di Sulsel itu menguras anggaran sebesar Rp3,6 miliar.

Besarnya anggaran perawatan rumah jabatan itu pun mendapat sorotan dari pengamat kebijakan dan keuangan negara, Bastian Lubis.

Menurut dia, masih banyak hal yang lebih prioritas seperti perbaikan infrastruktur jalan dan peningkatan ekomoni masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Ini wakil kita di DPRD kenapa itu (anggaran) bisa lolos. Angaran ke rumah jabatan harusnya dialihkan. Jadi yang bertanggung jawab itu adalah legislatif,” kata Bastian kepada Harian Rakyat Sulsel, Rabu (23/3/2022).

Menurut dia, anggaran tersebut bisa saja masuk dalam pembahasan anggaran perubahan tahun 2022. Apalagi dalam penyusunannya anggaran renovasi itu dilakukan di masa transisi pemerintahan.

“Kalau diperubahan bisa masuk, tapi saya liat kemarin kan waktu dianggarkan ini di masa transisi. Gubernur lalu kena operasi tangkap tangan saat anggaran itu dibahas. Jadi seakan-akan tidak bertuan itu anggaran,” imbuh dia.

Saat ditanyai terkait besaran anggaran tersebut, Bastian mengaku tak begitu mempermasalahkan sebab Rp 3,6 Milyar masih terbilang sedikit dari jumlah APBD Sulsel tiap tahunnya sebanyak Rp 12 triliun lebih.

“Kalau saya liat wajar karena anggaran di Sulsel ini kan sampai Rp12 triliun lebih. Terutama untuk pernak pernik di rujab itu yang mungkin hilang atau rusak. Makanya pergantian kepemimpinan itu membuat dampak yang luar biasa,” ucapnya.

  • Bagikan