Ayo Gabung jadi Komponen Cadangan, Gratis! Dapat Uang Saku Pula

  • Bagikan

PANGKEP, RAKYATSULSEL – Dandim 1421/Pangkep Letkol Inf Hengky Vantriardo, mengajak warga kabupaten Pangkep untuk ikut bergabung jadi Komponen Cadangan (Komcad), ajakan tersebut diutarakan Hengky saat mensosialisasikan terkait rekrutmen komponen cadangan Tahun 2022, Kamis (24/03/2022).

“Alhamdulillah, kita sangat bersyukur karena pada tahun ini, warga Pangkep yang memenuhi syarat dapat secara sukarela mendaftarkan dirinya untuk mengikuti pelatihan sebagai Komponen Cadangan yang tentunya gratis tanpa dipungut biaya apapun,” ujar Hengky.

Hengky menambahkan jika bergabung sebagai Komcad nantinya, personel berkesempatan untuk dapat merasakan pengalaman mengikuti Latihan dasar kemiliteran dengan segala keseruan dan pasti mengasyikkan.

“Komcad ini sesuai amanat undang undang dan Dijamin hasilnya akan meningkatkan kualitas SDM kita, meningkatkan disiplin, Kesehatan, integritas, loyalitas dan masih banyak manfaat positif lainnya, baik untuk diri sendiri, keluarga maupun untuk tempat kita bekerja, baik sebagai ASN, Pekerja Swasta, Pengusaha, Pedagang, Buruh, hingga mahasiswa,” tambah pria yang gemar olahraga adventure tersebut.

Lebih lanjut Dandim Hengky mengatakan jika Komcad yang tergabung, bisa berasal dari unsur ASN, Buruh dan pekerja, dimana selama pengabdian tetap mendapatkan hak ketenagakerjaan dan tidak keluar dari pekerjaannya. Bahkan Bagi Komcad yang berstatus Mahasiswa tetap mendapatkan hak akademisnya sampai selesai.

Adapun Syarat untuk menjadi komponen cadangan diantaranya
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, Setia pada Pancasila dan Undang Undang Dasar serta Negara Kesatuan Republik Indonesia, tidak memiliki catatan kriminal, dan berpendidikan paling rendah sekolah menengah pertama atau sederajat.

Untuk mendaftarpun cukup mudah dengan mengisi formulir secara online melalui tautan https://komcad.kemhan.go.id/komcad/pendaftaran-mobile.

“Bagi warga Pangkep yang telah mendaftar secara online dihimbau untuk mengirimkan datanya kepada Pgs. Pasi Pers Kodim 1421/Pangkep atas nama Letda Inf Hamzah No HP . 085242490705,” tutupnya.

Pelatihan dasar kemiliteran bagi anggota komponen cadangan akan dilaksanakan selama 3 bulan di Lemdik Kodam masing-masing (Pendaftar dari Kab. Pangkep dilatih di Rindam XIV/Hasanuddin, Pakatto).

Menariknya hak anggota Komcad juga tidak main main, dalam Masa Pengabdian sendiri termasuk selama menjalani Diksar anggota berhak atas uang saku, Perlengkapan perorangan lapangan, Perlindungan Jaminan kerja dan kematian, tunjangan operasional pada saat Mobilisasi, rawatan kesehatan, Jaminan kecelakaan dan kematian serta penghargaan.

Untuk tahapan waktu pembentukan Komponen Cadangan Tahun 2022 yakni, tahap pendaftaran pada Tanggal 1 Maret hingga 8 Mei (secara online) , kemudian seleksi administratif tanggal 9-11 Mei, seleksi kompetensi tanggal 12-27 Mei kemudian latihan dasar kemiliteran dan pengangkatan/penyumpahan pada tanggal 30 Mei – 27 Agustus.

Bagaimana? Anda tertarik? Buruan Bergabung.(*)

  • Bagikan