Nilai Testimoni di Dunia Medis

  • Bagikan

Meskipun terbuat dari baja dan kuningan, Perkins mengklaim bahwa tongkat ciptaan nya terbuat dari paduan logam yang tidak biasa.

Perkins mengklaim tongkatnya bisa menyembuhkan berbagai peradangan, rematik dan nyeri kepala dan wajah. Dia menerapkan titik-titik pada bagian tubuh yang sakit dan menggunakan tongkatnya untuk melakukan penyembuhan selama sekitar 20 menit.

Testimoni dari mulut ke mulut membuat metode ini mengalami ‘booming’ dimasa itu. Perkins mengklaim cara ini bisa “mengeluarkan cairan listrik berbahaya yang menjadi penyebab keluhan pasien”.

Ikatan Dokter Connecticut mengutuk metoda ini sebagai “perdukunan delusi”, dan mengeluarkan Perkins dari keanggotaan. Namun Perkins berhasil meyakinkan tiga fakultas kedokteran AS bahwa metodenya berhasil.

Di Kopenhagen, Denmark, dua belas ahli bedah di Royal Frederiks Hospital juga mulai mendukung metode ini. Bahkan presiden Amerika, George Washington membeli satu set.

Kritik dokter lain disambut dengan tuduhan elitisme dan arogansi profesional. Perkins membanggakan 5.000 kasus yang telah berhasil disembuhkan oleh tongkatnya.

Bahkan, metoda penyembuhan tersebut disertifikasi oleh delapan profesor, empat puluh dokter, dan tiga puluh pendeta. Bahkan presiden Washington pun tergiur untuk membelinya.

Putra Perkins, Benjamin Perkins, mengatakan bahwa “Presiden Amerika Serikat, yakin akan khasiat tongkat tersebut dan menggunakan nya di keluarganya sendiri, dengan membeli satu set tongkat.

Setelah kematian Perkins, dokter Inggris mulai meragukan kehebatan tongkatnya. Pada tahun 1799, Dr. John Haygarth melakukan uji coba.

  • Bagikan

Exit mobile version