Bupati Lutra Resmikan Pemanfaatan Pasar Rakyat Amassangan di Malangke Barat

  • Bagikan

LUWU UTARA, RAKYATSULSEL – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani meresmikan pemanfaatan Pasar Rakyat Ammasangan, yang berada di Desa Amassangan, kecamatan Malangke Barat, Jumat, 01 April 2022. Peresmian pasar ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Luwu Utara.

Kepala Dinas P2KUKM Luwu Utara, Muh Kasrum dalam laporannya menyampaikan, bahwa daya tampung pedagang di Pasar Rakyat Amassangan mencapai sebanyak 112 pedagang dengan jumlah kios 9 unit dan lods 98 unit.

Pada kesempatan ini juga sekaligus dilakukan penyerahan Qris, penyerahan Dana KUR, dan penyerahan agen 46.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani dalam sambutannya mengatakan, bahwa ini merupakan pasar rakyat pertama yang dibangun di Malangke dan Malangke Barat melalui dana tugas perbantuan APBN.

“Ini komitmen yang patut kita tunjukan, kita bersyukur ada gairah masyarakat kita untuk kembali bangkit setelah di landa pandemi sejak 2 tahun yang lalu. Kalau ekonomi membaik tentu banyak hal yang bisa kita lakukan,” ujar Indah.

Ia juga mengaku jika pemerintah Luwu Utara juga menginginkan agar bangunan gedung yang sudah jadi bisa segera dimanfaatkan. “Karena semakin cepat bangunan kita manfaatkan semakin bagus pemeliharaannya dan semakin cepat juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kita,” harapnya.

“Yang pasti kita sangat bersyukur hadirnya Pasar Amassangan ini, tidak ada riak. Lods maupun kios yang ada tidak untuk diperjualbelikan dan tidak untuk di sewakan tapi untuk di manfaatkan,” tegas Indah.

Bupati perempuan pertama di Sulsel ini pun berharap, ke depan semua pasar rakyat yang ada di Luwu Utara diharapkan akan jadi pasar Modern. “Harapannya dengan pembenahan pasar rakyat, pedagang kita bisa bersaing dengan ritel modern. Pemerintah daerah wajib berkomitmen untuk menjaga pedagang pasar tradisional kita,” ujarnya.

“Saya titip kenyamanan pasar ini tetap agar tetap dijaga kebersihannya, karena kita akan merasa nyaman jika semuanya bersih. Selain itu dengan hadirnya pasar rakyat ini, kita harapkan semakin meningkatkan ketahanan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan lebih syukur lagi, dengan hadirnya pasar ini ada perekrutan tenaga kerja yang baru,” sambung Indah.

Olehnya itu, Indah juga menyampaikan, di pasar ini tetap memprioritaskan menampung hasil-hasil pangan yang ada di kecamatan Malangke Barat.

Tampak hadir dalam peresmian pasar rakyat ini, antara lain pimpinan Cabang BRI Masamba, Erika Nurharianto; Pimpinan Cabang BNI cabang Palopo, Sudirman; Pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara, Camat Malangke Barat, Camat Malangke, dan Asisten Ekonomi Pembangunan. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version