Naik Kelas atau Nyaleg

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Sejumlah kepala daerah di Sulsel telah genap menjabat dua periode. Itu artinya sang tokoh tak bisa lagi maju di daerah yang dipimpinnya pada Pemilu 2024 mendatang.

Mereka adalah Adnan Purichta Ichsan (Bupati Gowa), Taufan Pawe (Walikota Parepare), Moh Ramdhan Pomanto (Walikota Makassar), Basli Ali (Bupati Selayar), Andi Fahsar Padjalangi (Bupati Bone), Andi Kaswadi Razak (Bupati Soppeng), Suardi Saleh (Bupati Barru), Muslimin Bando (Bupati Enrekang), Indah Putri Indriani (Bupati Lutra), Judas Amir (Walikota Palopo), Basmin Mattayang (Bupati Luwu) dan Theofilus Allorerung (Bupati Tana Toraja).

Tentu karier politik yang bakal ditempuh pilihannya adalah maju Pilgub Sulsel atau Nyaleg. Hanya saja, dari sejumlah figur yang akan mengakhiri masa jabatannya sebagai kepala daerah, hanya beberapa diantaranya dinilai layak maju Pilgub. Selebihnya kursi Senayan jadi target realistis. Apalagi status eks kepala daerah tentu bisa menjadi booster suara parpol di Pileg.

Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif mengakui jika saat ini partainya memiliki beberapa kader yang masa jabatannya sudah berakhir selama dua periode seperti Walikota Makassar, Walikota Palopo dan Bupati Barru.

“Kita lihat dulu potensinya, apakah dia Pileg DPR RI, Provinsi. Kita lihat perkembangannya kan masih dinamis,” katanya saat ditemui di DPRD Sulsel, Selasa (12/4/2022).

Sementara kader mereka yang belum menyelesaikan masa jabatanya selama dua periode dia harus kembali bertarung, seperti Yusran Lologau (Pangkep) dan Ilham Syah Azikin (Bantaeng). “Kita dorong untuk menyelesaikan janji-janji politiknya,” singkatnya.

Ketua DPW PKB Sulsel, Azhar Arayad mengatakan PKB tetap menampung figur-figur berpotensi bisa maju caleg di partai besutan Gus Muhaimin itu.

Menurutnya, bahwa persoalan latar kepala daerah, pengusah atau akademisi. Bagi PKB tetap menerima siapa saja hendak bergabung.

“Kita terbuka bagi siapa saja, tentu baik latar politisi kepala daerah, mantan atau pengusaha. Di PKB kita ajak bergabung mau caleg atau Pilkada nanti,” kata Azhar, Selasa (12/4/2022).

  • Bagikan