Bawaslu Berbenah, Pengamat: Pelanggaran Kan Itu-itu Saja

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Tahapan Pemilu Serentak 2024 rencananya akan dimulai pada Juni tahun ini. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun mulai bersiap dengan melakukan langkah perbaikan kelembagaan.

Hal ini terkait dengan struktur kepemimpinan Bawaslu RI periode 2022-2027 yang baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (12/4) lalu, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Rahmat Bagja selaku Ketua Bawaslu RI terpilih di dalam rapat pleno yang digelar usai pelantikan kemarin memastikan ada sejumlah langkah yang akan dilakukan jajarannya dalam kurun waktu dua bulan ke depan.

“Kami akan melakukan seluruh proses perbaikan terhadap Bawaslu,” ujar Bagja usai pelantikan yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Selain langkah perbaikan di internal Bawaslu RI, Bagja juga menyebutkan langkah persiapan yang dilakukan Bawaslu daerah untuk menghadapi Pemilu Serentak 2024.

“Seleksi yang akan dilakukan dalam beberapa bulan ke depan, kami berharap seluruh seleksi anggota Bawaslu di 25 provinsi dapat dilakukan dengan baik,” demikian Bagja.

Selain Bagja, ada 4 sosok lain yang dilantik Presiden Jokowi sebagai anggota Bawaslu RI. Mereka adalah Lolly Suhenty, Puadi, Totok Haryono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

  • Bagikan