Pemkot-Baznas Parepare Distribusikan Zakat ke 550 Mustahik

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Pemerintah Kota Parepare mendistribusikan zakat kepada 550 penerima zakat atau mustahik untuk 22 kelurahan se-Kota Parepare.

Pendistribusian zakat, infaq, dan sedekah ini diserahkan secara simbolis oleh Asisten I Pemerintah Kota Parepare Hj Aminah Amin yang didampingi Ketua Baznas Abdullah, yang berlangsung di Hotel Kenari, Rabu (20/4/2022).

Ketua Baznas Kota Parepare, Abdullah mengatakan, sebanyak 550 penerima zakat (mustahik) yang menerima dengan rincian, Muallaf 20 orang, siswa 230 orang, mahasiswa 5 orang dan 295 fakir miskin dengan total dana sekitar Rp 400 juta.

“untuk pendistibusian tahun ini, 550 orang dari Kelurahan Se Kota Parepare. kemudian Muallaf 20 orang Siswa 230 orang, mahasiswa 5 orang. Adapun bantuannya beragam, untuk anak sekolah terdiri dari tas anak sekolah. Jadi zakat yang diterima itu Rp 350 ribu, dengan uang tunai Rp 250 ribu, dan peralatan sekolah senilai Rp 100 ribu,”urai Abdullah.

Untuk penyaluran zakat tersebut, Baznas Kota Parepare melakukan survey data dari Kelurahan bagi warga yang layak tidaknya untuk mendapatkan zakat tersebut.

“Jadi untuk yang kurang mampu kita minta data dari Kelurahan,. Data kelurahan itu lah kita survey apakah layak untuk menerima. Jadi 25 orang per kelurahan,”tandasnya.

Sementara Asisten I Pemerintah Kota Parepare yang menyerahkan secara simbolis bantuan Zakat tersebut mengatakan, Jumlah penerima zakat tersebut terbilang minim. Untuk itu, ia mendorong agar baznas Kota parepare lebih mengoptimalkan potensi-potensi zakat yang masih belum didapatkan, khususnya dari ASN.

“Tentu jumlah ini masih kita belum puas. Masih banyak potensi-potensi zakat yang belum kita terima. Jadi pengurus Korpri dan dari berbagai upaya sudah dilakukan, baik secara sosialisasi kepada semua Skpd-skpd untuk kedepannya ini potensi khususnya dari ASN akan kita maksimalkan,”Jelas Aminah Amin.(Yanti)

  • Bagikan