Dukung Pangkep Bersih, Desa Biringere Hadirkan Bank Sampah 

  • Bagikan
Kepala Desa Biringere, Muh. Syawir Menjelaskan Cara Kerja Bank Sampah Miliknya

PANGKEP, RAKYATSULSEL - Sebagai bentuk komitmen dalam mendukung program dasa cita Pangkep Hebat, yakni Pangkep Bersih pemerintah desa Biringere hadirkan bank Sampah Biringere Madani.

Hadirnya bank sampah di desa yang merupakan area lingkar pabrik PT. Semen Tonasa tersebut diharapkan dapat menjadi solusi penanganan sampah dan kebersihan di desa Biringere.

"Ini merupakan komitmen pemerintah desa, menjadikan Biringere bersih bebas sampah, jadi kita hadirkan bank sampah ini, yang nantinya terintegrasi dengan desa lain, bagaimana sampah plastik dan rumah tangga bisa dikelola dengan baik, yang tentu bakal memiliki nilai ekonomis," jelas Kepala Desa Biringere, M. Syawir, Rabu (27/4).

Hadirnya Bank Sampah Biringere Madani ini, sambung Syawir, diharapkan mampu menjadi contoh hadirnya bank sampah di seluruh desa di kabupaten Pangkep.

"Ini juga sesuai pesan bapak bupati agar pemerintah desa bisa berkontribusi menjadi bagian dari Pangkep bersih bebas sampah, mudah mudahan bank sampah ini bisa menjadi contoh bagi desa lain terkait pengelolaan sampah," ungkapnya.

Lebih jauh, Syawir menjelaskan, jika pemerintah desa sendiri rencananya akan menggandeng PT. Semen Tonasa sebagai bagian dari nasabah bank sampah.

"Kedepannya kita juga akan bekerja sama dengan PT. Semen Tonasa, yang saat ini sedang menguji coba   sampah plastik menjadi pengganti bahan bakar, jadi ini tidak dijual kemana lagi, cukup PT. Semen Tonasa yang menjadi nasabah kami", tutupnya.(Atho)

  • Bagikan