Kadishub Makassar Imbau Gunakan Kendaraan Umum saat Mudik Lebaran, Simak Alasannya

  • Bagikan
Kepala Dishub Kota Makassar, Iman Hud

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar menyarankan masyarakat yang hendak mudik ke kampung halamannya sebaiknya menggunakan kendaraan umum seperti bus.

Hal ini juga dinilai dapat menunjang arus lalulintas lancar dan tak menimbulkan kemacetan. Selain itu, menggunakan kendaraan umum disebut dapat mengurangi potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Pada saat mudik nanti sebaiknya tidak menggunakan kendaraan pribadi. Apalagi jika ingin perjalanan jauh. Lebih baik gunakan bus," kata Kepala Dishub Kota Makassar, Iman Hud, Rabu (27/4).

Alasan menggunakan bus dianggap lebih aman sebagai kendaraan mudik, kata Iman, hal itu disebabkan sebelum berangkat, setiap bus di terminal Kota Makassar akan diperiksa terlebih dahulu.

Seluruh kelengkapan baik administrasi maupun kondisi kendaraan akan di cek.Selain itu, jika menggunakan kendaraan pribadi susah untuk diukur dan diperkirakan.

Termasuk dengan kelayakan perjalanan jauh kendaraan pribadi, berbeda dengan kendaraan umum seperti bus yang bisa dihitung jumlah dan waktu beroperasi.

"Saat ram check, petugas Dishub akan melakukan pengecekan cepat secara visual. Yang diperiksa saat ram check diantaranya pemeriksaan administrasi dan teknis. Pemeriksaan secara administrasi seperti kelengkapan SIM, STNK, dan berkas lain yang dibutuhkan," sebutnya.

  • Bagikan