Bandara Sulhas Buka Pintu Internasional, Maskapai Air Asia Kembali Layani Penerbangan Luar Negeri

  • Bagikan

MAROS, RAKYATSULSEL – Penerbangan Internasional di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin akhirnya beroperasi. Maskapai Air Asia sebagai maskapai pertama yang mengoperasikan kembali penerbangan internasional dengan rute Makassar – Kuala Lumpur – Makassar.

Kedatangan maskapai yang membawa 140 penumpang dari Kuala Lumpur ini disambut secara seremonial dengan watur salute yang dilakukan oleh Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan pemadam Kebakaran (PKP-PK) dengan 2 mobil pemadam kebakaran milik Angkasa Pura 1.

Sebagai simbolis penyambutan, Manajemen Angkasa Pura 1 dan Kepala Otoritas Bandara Wilayah V Makassar melakukan pengalungan kain khas toraja kepada pilot, co pilot dan pramugari.

Penerbangan ini untuk sementara akan beroperasi 2 kali seminggu pada hari Kamis dan Sabtu. Air Asia masih menggunakan pesawat tipe Airbus 320 dengan kapasitas 180 penumpang.

Alur kedatangan penerbangan internasional pun masih sama seperti sebelumnya hanya saja ada penambahan pemeriksaan seperti pemeriksaan suhu tubuh dan pemeriksaan kartu vaksin. Sesuai dengan ketentuan pemerintah, penumpang wajib melakukan Swab PCR dan Karantina selama 5x24 jam apabila suhu tubuh diatas 37 derajat celcius dan belum vaksin lengkap. Karantina dilakukan pada tempat yang telah ditentukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar. Selanjutnya melakukan pemeriksaan imigrasi dan beacukai sebelum keluar ke area lobby kedatangan bandara.

“Sebelum pandemi, Air Asia melayani penerbangan luar negeri setiap hari. Semoga seiring berjalannya waktu dan apabila kondisi semakin baik, Air Asia dapat kembali beroperasi setiap hari.” Ujar Wahyudi selaku General Manager Bandara Sultan Hasanuddin.

Wahyudi menambahkan bahwa saat ini sedang mempersiapkan penerbangan umroh dengan berkoordinasi ke berbagai pihak.

Setelah mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Air Asia kembali terbang ke Kuala Lumpur pada pukul 10.55 WITA dengan membawa 66 penumpang. (*)

  • Bagikan