Rangga Kembali Edukasi Warga Takalar Produk Hukum Pembangunan Jangka Menengah

  • Bagikan

TAKALAR, RAKYATSULSEL - Fachruddin Rangga selaku anggota DPRD Sulsel dari Fraksi Golkar hari ini Kamis (28/4/2022) yang dirangkaikan buka puasa bersama melaksanakan kegiatan Penyebarluasan Produk Hukum Daerah titik.

Hal ini terkait Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Perda Nomor 1 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, 2018-2023 yang dilaksanakan di Kelurahan Bontolebang Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar.

Pelaksanaan hari ini dihadiri masyarakat dari berbagai elemen yang ada di kelurahan tersebut dan desa sekitarnya, dimana kehadirannya begitu antusias mengikuti penjelasan dari para nara sumber.

Adapun jumlah undangan yang di sebar 200 lembar namun peserta yang ikut menghadiri melebihi jumlah undangan yang diedarkan petugas tenaga lapangan dan tenaga pendamping dimana peserta yang hadir melebihi 200 an orang, dalan pelaksanaannya tetap mengikuti standar protokol kesehatan masa pandemi covid-19.

Rangga begitu biasa disapa sebagai pembicara awal memberikan pengarahan dan pengantar penjelasan tentang maksud dan tujuan dari perda ini dibuat.

"Bahwa RPJMD ini adalah patron dalam melaksanakan pembangunan yang harus menjadi perhatian bagi pemerintah daerah khususnya dalam lima tahun sehingga akan terarah sebagaimana visi misi dan arah kebijakan pembangunan daerah," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut dia. Keberadaan perda ini dapat menjadi acuan dan tolok ukur keberhasilan yang capaiannya akan tergambar setiap tahun, yang tentu saja tingkat capaian tersebut salah satunya akan berimplikasi terhadap pertubuhan ekonomi daerah.

Lebih lanjut Rangga memberikan dorongan dan mengharapkan kepada semua peserta yang hadir dalam kegiatan ini menjadi mendiator utama untuk menyampaikan secara luas ke masyarakat lainnya tentang maksud dari keberadaan perda ini.

"Sehingga dengan demikian masyarakat luas akan memahami setiap peraturan daerah ini yang dibuat pemerintah daerah," terangnya.

Ishak Amin Rusli, ST. MT yang merupakan pembicara atau narasumber pertama utusan dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam materinya menguraikan secara teknis isi dari batang tubuh peraturan daerah ini, dan menekankan pentingnya disampaikan ke masyarakat.

"Sehingga apa yang menjadi harapan pemerintah daerah dapat terwujud sebagaimana yang tergambar dalam arah kebijkan pembangunan daerah, demikian," tutupnya.

Ustadz Jufri, S. Kom selaku narasumber kedua mengupas tentang makna puasa ramadan dan bagaimana kita dapat saling memberi semangat dan dorongan dalam memajukan daerah.

Dan secara konkret mengintegrasikan pembangunan spritual kedalam penerapan RPJMD ini sebagai patron dalam pelaksanaan pembangunan, dan merupakan induk perencanaan yang merupakan rujukan untuk mengukur capaian keberhasilan pembangunan.

"Langkah menyebarluaskan perda ini juga merupakan bentuk keseriusan DPRD dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, oleh karena itu semua lapisan masyarakat harus merespon dan dapat membantu pemerintah secara bijak mensosialisasikan perda ini," begitu kuncinya. (*)

  • Bagikan