Ilham Azikin Sampaikan Capaian Pemkab Bantaeng di Momentum Idul Fitri 1443 Hijriah

  • Bagikan
Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin menyampaikan sambutan di Lapangan Pantai Seruni, Kelurahan Pallantikang, Kecamatan Bantaeng.

BANTAENG, RAKYATSULSEL - Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin bersama unsur Forkopimda dan jajaran Kepala OPD melaksanakan Sholat Idul Fitri di Lapangan Pantai Seruni, Kelurahan Pallantikang, Kecamatan Bantaeng, Senin (2/5).

Dalam sambutannya, Bupati peraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2022 dari Bappenas RI itu merasa bersyukur dapat berkumpul di pagi yang cerah dan berbahagia untuk melaksanakan shalat Idul Fitri.

"Mengawali sambutan ini atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah kabupaten Bantaeng, saya ingin menyampaikan ucapan, selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 hijriah, Taqabbalallahu Minna Waminkum Taqabbal Ya kariim, Minal Aidin Walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh masyarakat kabupaten Bantaeng dan kepada saudara saudaraku yang baru datang dari perantauan. Kami juga ingin mengucapkan selamat datang kembali di Bantaeng, semoga kesejahteraan dan kebahagiaan selalu menyertai bersama keluarga," kata dia.

Dia mengatakan, setelah kurang lebih satu bulan lamanya seluruh umat Islam, menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, maka hari ini memasuki bulan Syawal dengan mengumandangkan takbir kemenangan, dalam suasana penuh suka cita dan rasa kekeluargaan.

"Dalam melaksanakan ibadah puasa kita diajarkan untuk melakukan introspeksi dan pengendalian diri dengan melatih kesabaran, disiplin, ketabahan, ketahanan diri, kerendahan hati, kecermatan bicara, kejujuran ucapan dan perilaku. Kita berdoa semoga semua amaliah dilaksanakan di bulan suci ramadhan dapat diterima dan diberi ganjaran pahala oleh Allah SWT," kata Bupati peraih penghargaan ketahanan pangan terbaik tingkat nasional itu.

Lebih lanjut, momentum Idul Fitri agar dijadikan sebagai sarana untuk memperbaiki hubungan kepada Allah SWT sekaligus hubungan kepada sesama manusia dengan meningkatkan kualitas keislaman dan keimanan dalam kehidupan sehari-hari.

"Disiplin, kesabaran dan ketekunan telah diperlihatkan oleh masyarakat kabupaten Bantaeng sehingga dalam masa pandemi Covid-19, kita semua dapat mempertahankan pergerakan ekonomi tetap terjaga dengan baik dan tingkat penyebaran Covid-19 dapat dikendalikan. Hal ini dapat terwujud karena seluruh masyarakat sadar dan berlaku disiplin melaksanakan program vaksinasi Covid-19 dan menerapkan protokol kesehatan," jelasnya.

Dia melanjutkan, dukungan dan kerja keras semua pihak dalam mengawal dan menjalankan program pemerintah kabupaten Bantaeng telah menunjukan hasil yang positif. Data yang dikeluarkan oleh BPS, menunjukan bahwa di tahun 2021, Kabupaten Bantaeng tercatat sebagai kabupaten dengan tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di provinsi Sulawesi Selatan sebesar 8,86 persen.

"Demikian pula PDRB kabupaten Bantaeng 2021 tertinggi di Sulawesi Selatan sebesar Rp 50 juta. Hal ini tidak terlepas dari proses perencanaan pembangunan yang dilakukan secara konsisten dan sistematis sesuai dengan aturan yang berlaku, pencapaian target pembangunan serta senantiasa menerapkan inovasi dalam proses pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Selanjutnya, pada kegiatan Musyawarah Pembangunan Tingkat Nasional (Musrenbangnas) tahun 2022, Bappenas RI telah diberikan penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) kepada kabupaten Bantaeng sebagai kabupaten terbaik diantara seluruh kabupaten di seluruh Indonesia yang menyiapkan perencanaan yang berkualitas dalam rangka pencapaian daerah yang lebih baik.

"Pada kesempatan yang berbagia ini kami ingin menegaskan bahwa kegiatan pengembangan SDM akan tetap diselaraskan dengan pembangunan infrastruktur sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Oleh karena itu sesuai dengan hikmah ibadah puasa yang mengajarkan sifat saling membantu dan peduli antar sesama. Kami ingin mengajak kepada seluruh elemen masyarakat di Bumi Butta ttoa Bantaeng, mari kita bekerjasama dan memperkuat sinergitas antar pemerintah, masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan agar seluruh program pembangunan dapat terlaksana dengan baik untuk kepentingan seluruh masyarakat kabupaten Bantaeng. Dengan menjaga semangat kebersamaan dan suasana kondusif seperti yang telah tercipta saat ini, maka diyakini kita akan tetap bertahan ditengah pandemi Covid-19 yang masih bergejolak," tutupnya. (Jet)

  • Bagikan