Arus Balik Lebaran Naik 319 Persen, Jalur Laut Meningkat Pesat

  • Bagikan
Jalur Laut Jadi Pilihan Warga pada Momen Arus Balik Lebaran

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kapal laut masih menjadi sarana transportasi primadona bagi sebagian besar pemudik Lebaran tahun ini. Jumlah penumpang yang memadati pelabuhan meningkat tajam hingga 319 persen.

Hal tersebut digambarkan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 yang mencatat total pertumbuhan jumlah penumpang pada puncak arus balik H+5 atau Sabtu (7 Mei 2022) di musim mudik Lebaran tahun ini sebesar 319 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Regional Head 4 Pelindo, Dwi Rahmad Toto mengatakan, peningkatan itu terjadi disebabkan tahun ini merupakan tahun pertama masyarakat bisa mudik kembali setelah diizinkan pemerintah pasca larangan mudik Lebaran akibat pandemi Covid-19.

“Dua tahun tidak diperbolehkan mudik karena Covid-19 dan tahun ini pemerintah mulai mengizinkan masyarakat untuk pulang kampung berlebaran bersama keluarga masing-masing. Kondisi tersebut kemungkinan besar memicu peningkatan arus mudik dan juga berimbas ke arus balik yang cukup signifikan hingga mencapai 319% pada H+5 Idulfitri tahun ini,” ujar Toto.

Menurut dia, pada H+5 arus balik Idulfitri tahun lalu, total jumlah penumpang yang naik dan turun di semua pelabuhan kelolaan Pelindo di Regional 4 hanya mencapai 109.337 orang. Jumlah itu meningkat 319 persen atau menjadi total 349.174 orang saat arus balik pada H+5 Lebaran tahun ini.

  • Bagikan