Yuk ke Kota Cinta! Ada Destinasi Wisata Hits dan Instagramable di Cempae

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL- Branding “Kota Cinta” yang disematkan untuk Kota Parepare dinilai layak dan tepat. Pasalnya, kota yang dinakhodai putra daerah, Dr HM Taufan Pawe SH MH Wali Kota Parepare ini membangun kota kelahirannya dengan penuh cinta. Menjadikan BJ Habibie, Presiden ke-3 RI bersama sang istri, Ainun sebagai sumber inspirasi. Taufan Pawe yang akrab dengan sapaan TP ini berhasil menorehkan sejumlah legacy dalam kurun waktu delapan tahun kepemimpinannya, baik di bidang keummatan, kesehatan, pendidikan, maupun kepariwisataan.

Terbaru dan kini menjadi objek wisata paling hits adalah anjungan Cempae. Penuh estika yang menambah khasanah objek wisata di Kota Cinta, Kota Parepare karena terletak di pesisir pantai, dekat Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Kelurahan Watang Soreang, Kecamatan Soreang, Kota Parepare.

Bukan hanya warga lokal, warga luar pun sengaja berdatangan memadati anjungan dengan artistik bangunan modern dan kekinian dengan perpaduan warna kuning, hijau, dan orange itu.

Lokasi pembangunan sangat strategis yakni berada di bagian dalam Teluk Parepare, menjadikan tempat wisata ini menyajikan view keindahan pantai khas kota jasa ini.

Dibangun di atas lahan seluas 6.000 m2, Anjungan Cempae juga dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang sektor wisata, seperti area foodcourt, dermaga khusus nelayan, serta sarana permainan anak.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Parepare, Amarun Agung Hamka mengatakan, buah tangan sang nakhoda Taufan Pawe berhasil menghadirkan kenyamanan dan suasana yang indah untuk dinikmati bersantai dengan keberadaan spot-spot foto yang instagramable ditambah tiupan angin laut sehingga menambah suasana nyaman di taman Anjungan Cempae itu. “Ayo ke Parepare, di Parepare banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Paling hits saat ini adalah Anjungan Cempae,” ajak Hamka, sapaan karib dia.

Salah seorang warga Pinrang, Nasruddin mengaku takjub dengan estetika bangunan Anjungan Cempae itu. “Saya sengaja datang berakhir pekan bersama keluarga karena sering lihat di media sosial banyak yang posting Anjungan Cempae dan ternyata memang cantik mempesona. Banyak fasilitasnya,” ungkap Nasruddin yang disapa Udin ini, Jumat, (13/5/2022) sore.

“Keren, salut dengan Wali Kotanya. Parepare memang paling terdepan. Kita tidak perlu jauh-jauh ke luar Sulsel kalau hanya ingin berwisata, cukup ke Parepare,” Amiruddin, warga Kabupaten Sidrap yang juga ditemui sedang asyik menikmati jajanan kuliner di sekitar Anjungan itu.

Banyaknya pengunjung memadati tempat wisata itu sehingga Pemerintah Kota Parepare juga menata perparkiran agar tidak semrawut dan menimbulkan kemacetan. “Bapak Wali Kota menginginkan anjungan Cempae dikunjungi dengan nyaman sehingga juga telah menginstruksikan instansi terkait untuk menempatkan jukir profesional. Demikian juga kebersihannya yang menjadi perhatian Bapak Wali Kota (Taufan Pawe),” tandasnya. (Adv)

  • Bagikan