KPU Ajukan Rp415 Miliar, Untuk Helat Pilgub Sulsel 2024

  • Bagikan
Ilustrasi

Menurut dia, akan banyak hal yang akan dikaji saat bertemu dengan KPU Sulsel. Termasuk item-item yang diajukan sehingga jumlah anggaran mencapai Rp415 miliar.

Saat ini juga, sejumlah KPU kabupaten/kota mulai memasukkan proposal anggaran Pilkada 2024 ke pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat. Seperti yang dilakukan Bantaeng dan Kabupaten Sidrap.

Komisioner KPU Bantaeng, Agusliadi mengatakan pihaknya sudah melakukan audiensi dengan Pemkab setempat. Pertemuan tersebut bahkan dihadiri langsung oleh Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin.

Agusliadi mengatakan, pihaknya meminta anggaran sebesar Rp31,8 miliar. Nilai ini juga yang disampaikan ke KPU Provinsi beberapa waktu lalu.

"Bulan lalu, kami audiensi ke Pemkab Bantaeng. Tentu masukkan sekira Rp31 miliar lebih. Sementara kami menunggu jadwal pemkab untuk pembahasan secara serius," kata Agus.

Dia menuturkan, nilai Rp31,8 miliar ini sudah mencakup kebutuhan alat pelindung diri (APD). Agus mengatakan, pihaknya tetap memasukkan opsi pandemi sesuai aturan di Pilkada 2020 lalu.

Walau begitu, Agus tak menampik nilai anggaran ini berpotensi berkurang. Sebab KPU kabupaten/kota bisa melakukan sharing anggaran dengan KPU Provinsi yang pelaksanaan pilkada dan pilgub digelar secara bersamaan.

"Kemungkinan akan berkurang jika sudah ada gambaran dana sharing dari KPU Provinsi. Pihak KPU kabupaten/kota diminta untuk mengirim file total anggaran ke provinsi," kata dia.

  • Bagikan