KPU Ajukan Rp415 Miliar, Untuk Helat Pilgub Sulsel 2024

  • Bagikan
Ilustrasi

TPS Diprediksi Bertambah

Ketua Komisi Pemilihan Umum Sulsel, Faisal Amir mempediksi jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Sulsel akan bertambah dalam Pemilihan Umum 2024.

"Untuk TPS di Sulsel pasti akan bertambah, karena bertambahnya jumlah pemilih, jadi kemungkinan bertambah di Pemilu tahun 2024," ujar dia.

Faisal menuturkan, bertambahnya jumlah penduduk di 24 daerah di Sulsel, juga memengaruhi jumlah pemilih.

Saat 2019 lalu, KPU Sulsel menetapkan jumlah TPS di 24 kabupaten/kota se-Sulsel sebanyak 26.143 TPS. Hal itu bersamaan dengan penetapan jumlah daftar pemilih 2019 tahun lalu.

"Belum ada pemetaan berapa jumlah TPS saat ini karena daftar pemilih berkelanjutan (DPB masih) berlanjut. Tapi pastinya TPS alan bertambah di titik pemungutan," jelasnya.

Faisal juga menambahkan, sesuai kesemapakan dari KPU pusat pihaknya menyepakati honor petugas ad hoc seperti PPK, PPS, dan KPPS naik pada Pemilu Serentak 2024 nanti.

"Sudah ada kesepakatan di pusat dan daerah. Kami KPU menginginkan petugas badan ad hoc untuk dinaikkan (honornya) pemilu 2024," ujar dia.

Lanjut dia, kebijakan ini tak terlepas dari pertimbangan bahwa kerja petugas KPPS tergolong berat. Terlebih, Pemilu 2024 akan diselenggarakan secara serentak.

Bahkan diakui, kenaikan honor petugas di lapangan sebesar 3 kali lipat ini diambil dengan sejumlah perhitungan. Ini juga meringankan beban kebutuhan dan hidup layak.

"Jadi, petugas ad hoc saat ini honornya Rp 500.000 dengan beban kerja kayak begitu. Rencama dinaikkan menjadi Rp 1,5 sampai 2 jutaan," kata dia. (Yad)

  • Bagikan