Latih Pengalaman Jurnalistik, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI Kunjungi CPI dan Losari

  • Bagikan
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI Foto Bersama di Anjungan Pantai Losari

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mengelar kuliah lapangan. Proses pembelajaran ini dilakukan untuk memberi pengalaman mahasiswa dalam bidang jurnalistik.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI itu mengunjungi Center Point Of Indonesia (CPI) dan Pantai Losari. Mereka diminta untuk membuat karya tulisan dalam bentuk berita.

Dosen Pembimbing, Ibnu Munzir mengatakan kuliah lapangan ini bertujuan memberikan pengalaman langsung jurnalistik ke mahasiswa. Mereka membuat berita berdasarkan pengamatan di lokasi.

"Mereka terjun langsung melakukan liputan dengan membuat tulisan dalam bentuk artikel berita. Ini memberikan pengalaman jurnalistik," kata Ibnu Munzir, Minggu (22/5).

Ibnu menyampaikan, mahasiswa juga diberi pengetahyan mengenai literasi media digital. Itu, sesuai dengan mata kuliah yang ada. Mahasiswa diminta lebih cermat lagi dalam menerima informasi yang ada.

"Memberi pemahaman literasi media kepada mahasiswa agar informasi yang mereka terima harus disaring dan teliti kebenarannya," paparnya.

Menurut Ibnu, informasi yang ada saat ini tak lepas dari peran besar media. Khususnya media digital seperti media online. Sosial media juga menjadi perhatian.

"Banyak juga kan informasi hoax yang ada dan tersebar di masyarakat. Nah ini yang kami beri pemahaman kepada para mahasiswa bagaimana mereka tidan cepat diambil. Perlu diteliti kebenarannya," sebut.

"Kegiatan inipun akan terus digelar sebagai salah satu cara dan upaya dalam proses penunjang perkuliahan bagi mahasiswa di UMI di Makassar," tukasnya. (*)

  • Bagikan