Polisi Amankan Enam Pelaku Curang UTBK SBMPTN, Begini Cara Mereka Jalankan Aksi

  • Bagikan
Kampus Unhas

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Enam orang yang diduga telah melakukan kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2022 di kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar diamankan Polisi.

Dari enam orang tersebut, dua diantaranya merupakan orang dalam yaitu security kampus Unhas Makassar. Kemudian tiga orang berstatus peserta ujian dan satu orang luar yang turut membantu.

Aksi ini terbilang rapi dan terstruktur. Mereka menggunakan peralatan elektronik sebagai alat penghubung.

"Mereka diamankan oleh kepolisian. Mengenai kasusnya (melakukan kecurangan). Kami belum bisa sebut pungli, karena sementara diproses oleh kepolisian," kata Kepala Humas Unhas, Ishaq Rahman saat diwawancara, Selasa (24/5).

"Oknum petugas (security) ini diamankan oleh kepolisian karena terindikasi membantu peserta ujian melakukan kecurangan saat UTBK," tambahnya.

Lebih jauh, Ishaq menjelaskan dugaan kecurangaan itu terjadi saat ujian penerimaan mahasiswa baru sesi pertama berlangsung. Panitia UTBK Unhas mengendus adanya kecurangan dalam ujian itu.

  • Bagikan