Rakor Timpora Bandar Udara Sultan Hasanuddin, Ini Pesan Kakanwil Kemenkumham Sulsel

  • Bagikan
Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulsel, Liberti Sitinjak mengatakan kehadiran stakeholder terkait dalam pengawasan orang asing di Bandara Sultan Hasanuddin merupakan kerjasama dan kolaborasi luar biasa yang dilakukan Kanim Makassar.

Apresiasi ini disampaikan Liberti saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Bandar Udara Sultan Hasanuddin Internasional Airport Makassar (SHIAM) T.A. 2022 di Hotel Dalton Makassar, Rabu (25/5).

"Semakin terkendalinya Covid, aktivitas Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke Indonesia dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang ke luar negeri semakin meningkat sehingga perlu dilakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti yang kita lakukan saat ini," kata Liberti. Kamis (26/5).

Liberti mengatakan kegiatan ini sebagai salah satu cara untuk menyamakan persepsi dan penyelarasan kondisi saat ini terkait Pengawasan Lalu Lintas Orang Asing.

Apalagi, dengan dibukanya kembali penerbangan Internasional di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Liberti juga meminta ke Kanim Makassar yang saat ini sudah berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) untuk benar-benar bisa mengamanahkan UU 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dari sudut pengawasan orang asing dengan bekerjasama dengan seluruh stake holder.

Terpisah, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Makassar Agus Winarto mengatakan rakor ini diselenggarakan sebagai wadah komunikasi dan koordinasi antara instansi di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

"Ini juga dalam rangka pengawasan orang asing yang keluar masuk indonesia melalui bandara hasanudin, serta mencegah gangguan kemanan dan keteriban wilayah indonesia," ungkap Agus.

Pada kesempatan itu, hadir Kadiv Administrasi Sirajuddin, Kadiv Keimigrasian Jaya Saputera.

Sementara, narasumber yakni Kabid Inteldakim Kanwil Kemenkumham Sulsel Mirza Akbar, Kakanim Makassar Agus Winarto, dan General Manager Angkasa Pura I Makassar Wahyuddin serta peserta sebanyak 55 Orang perwakilan dari Instansi Terkait. (*)

  • Bagikan