Wujudkan Kelurahan Layak Anak, Kelurahan Ujung Lare Hadirkan Sekretariat PATBM

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL - Untuk mewujudkan Kelurahan Layak Anak, Kelurahan Ujung Lare Kota Parepare melaunching Sekretariat Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).

Launching Sekretariat PATBM tersebut dilakukan dalam rangka percepatan pemenuhan hak anak khusus umur 18 th ke bawah, di Kelurahan Ujung Lare Kecamatan Soreang Kamis kemarin.

Lurah Ujung Lare Muhammad Suryanzah menjelaskan hadirnya Sekretariat PATBM tersebut, bekerjasama dengan PKK Kelurahan untuk membackup beberapa kegiatan percepatan pemenuhan hak anak, khusus umur 18 tahun ke bawah.

Dimana anak, Lanjut Suryanzah, terkadang mengalami beberapa kendala misalanya terkait dari segi pendidikan dan dari segi kesehatan misalnya putus sekolah, stunting, gizi buruk, dan permasalahan anak menikah di bawah umur.

"bagaimana PKK nantinya bekerjasama dengan beberapa stakeholder, baik dari organisasi-organisasi atau dunia usaha, serta instansi terkait untuk pendampingan kedepannya. Agar nnatinya anak-anak yang mengalami kendala tersebit kita bisa mengetahui sejak dini dan kita bisa mencarikan solusi atau mendampingi anak-anak tersebut,"Jelas Suryanzah.

Senada dengan Ketua TP PKK Kelurahan Ujung Lare Nur Haerana, bahwa Sekretariat tersebut juga menjadi wadah atau menjadikan salah satu tempat untuk mengedukasi orang tua dan anak-anak sejak dini.

"Terus kedepan kami bisa mengelola database terkait jumlah umur anak disabilitas. Nanti akan ada keterangan berapa jumlah anak per RT atau RW yang mengalami disabilitas, putus sekolah, gizi buruk dan stuntinng. Intinya diperuntukkn untuk anak di kelurahan ujung lare,"tandasnya.

Dalam kegiatan Launching PATBM ini juga, dilakukan edukasi orang tua dan anak tentang pengalihan anak-anak dari kecanduan HP dengan membaca buku dongeng dengan bersinergi Layanan Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan Kota Parepare.(Yanti)

  • Bagikan