Pemkab Bone Siap Tanggung Biaya Makan dan Transportasi CJH ke Makassar

  • Bagikan
Kasubag TU Kemenag Bone, H Ahmad Yani, S.Ag, M.Ag, saat membawakan Manasik Haji Reguler di Masjid Ibadurrahman Kelurahan Apala Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, Selasa (31/5/2022).

BONE, RAKYATSULSEL - Biaya Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Bone sebagian ditanggung oleh Bupati Bone. Khususnya biaya makan minum di Al Markaz Bone hingga transportasi CJH menuju ke Asrama Haji Sudiang Makassar.

Hal itu diungkapkan oleh, Kasubag TU Kemenag Bone, H Ahmad Yani, S.Ag, M.Ag, saat membawakan Manasik Haji Reguler di Masjid Ibadurrahman Kelurahan Apala Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, Selasa (31/5/2022).

Lebih lanjut H Ahmad Yani menjelaskan, bahwa manasik haji yang dilakukan saat ini adalah merupakan bagian dari hak jamaah untuk mendapatkan bimbingan dan pembinaan dengan rincian dua kali tingkat Kabupaten dan empat kali di tingkat kecamatan dan terakhir jamaah kita akan mendapatkan bimbingan di Asrama Haji Sudiang sebelum bertolak ke tanah suci.

Manasik haji yang diberikan kepada jamaah sangat penting agar pemahaman jamaah tentang manasik haji lebih lengkap, apalagi mengingat latar belakang pendidikan jamaah kita berbeda-beda, juga negara yang akan kita kunjungi sosio kultur masyrakatnya sangat berbeda dengan kita.

H. Ahmad Yani pada kesempatan itu memaparkan materi secara detail hak dan kewajiban CJH (calon jamaah haji), diantaranya ia mengatakan bahwa CJH berhak memperoleh layanan bimbingan, perlindungan, kesehatan, akomodasi, transportasi dan catering dan lain sebagainya.

Ia menambahkan bahwa, untuk tahun 2022 CJH Kabupaten Bone tergabung di Kloter ketiga bersama Kota Makassar, Kabupaten Tator dan Tana Toraja pada gelombang kedua.

"Untuk Kabupaten Bone jumlah CJH 344 orang dan akan masuk Asrama Haji Sudiang tanggal 18 Juni 2022, dan terbang ke Jeddah pada tanggal 19 juni 2022" ujar H Ahmad Yani.

Sebelum mengakhiri materinya, H. Ahmad Yani mengingatkan kepada seluruh CJH agar betul-betul mempersiapkan diri, mulai fisik, kesehatan juga nawaitunya berhaji hanya karena Allah agar semuanya memperoleh predikat haji mabrur.

Sekedar diketahui bahwa yang mengikuti Manasik Haji di Masjid Ibadurrahman Kelurahan Apala sebanyak 53 CJH yang berasal dari sembilan (9) kecamatan yakni Kecamatan Bontocani, Kahu Kajuara, Salomekko, Tonra, Mare, Cina, Ponre, dan Kecamatan Barebbo. (Nal)

  • Bagikan