BI Siap Dukung Festival Taka Bonerate

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan siap mendukung dana penyelenggaraan Festival Taka Bonerate (FTB) yang direncanakan Oktober mendatang.

"Hanya besarannya kami belum tentukan sekarang, karena perlu kami "dalami" dulu tawaran proposalnya, juga perlu kami komunikasikan dengan bank lain, yang mungkin berkontribusi, serta komunikasikan dengan pimpinan Pusat BI. Konsentrasi dan Komitmen kami untuk mengembangkan perekonomian Sulawesi Selatan, terutama peningkatan kunjungan Wisman dan WisNU, khususnya melalui Wisata Bahari di Selayar, masih tetap tinggi," beber Direktur BI Perwakilan Sulawesi Selatan, Rudy Bambang Wijanarko.

Direktur BI Perwakilan Sulawesi Selatan Rudy menegaskan hal itu saat Tim Pemda Kepulauan Selayar beraudience dengan Pihak BI dan diterima di Kantor BI Sulsel lantai 3, dipimpin Wakil Bupati Saiful Arif didampingi Kadis Pariwisata Selayar Hisbullah Kamaruddin dan Kabid Pemasaran Sri Nurnaningsih, Selasa (31-5) pagi.

Wabup Kepulauan Selayar, Saiful Arif pada kesempatan ini juga memaparkan Rencana Kegiatan dan Estimasi Anggaran Fesitval Taka Bonerate di hadapan Direktur Kepala Perwakilan BI Sulawesi Selatan, Rudy Bambang Wijanarko, didampingi tiga Direktur BI Sulsel.

Hadir dalam audience tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat Disbudpar Propinsi Sulsel.

Wabup Saiful Arif didampingi Drs. Hizbullah Kamaruddin, Kadisparbud Kep. Selayar, dan Sri Nurnaningsih, Kabid Pemasaran.

Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulsel, Teken menjelaskan, bahwa Festival Taka Bonerate, merupakan salah satu event wisata berskala nasional yang lolos bersama 4 event lainnya di Sulawesi Selatan dalam seleksi yang cukup ketat oleh Tim Nasional.

FTB akan dilaksanakan di daratan Selayar dan Taman Nasional Taka Bonerate selama 6 hari, 23-28 Oktober dengan Target kunjungan sekitar 1.000 wisatawan, baik Mancanegara maupun domestik dengan estimasi nilai transaksi Rp1,7 miliar, pada aspek akomodasi, transportasi, atrakasi seni dan budaya, kuliner, soivinir, diving, snorkling dan Land Tour.

"Tentu melalui kegiatan ini diharapkan akan berdampak positif pada ekonomi, sosial Budaya, dan Lingkungan," tambah Saiful Arif, yang diaminkan oleh Kadis Pariwisata Kep. Selayar, Hisbullah Kamaruddin.

Adapun rangkaian kegiatan Festival Taka Bonerate akan dikemas dalam 5 komponen kegiatan besar, yakni meliputi :

1. Selayar Selaut, Sebangsa mencakup Selayar Fhising Compotition, Selayar Expo, Lomba Sampan Tradisional, Lomba Tarik Tambang di atas Perahu, Lomba Permainan Rakyat dan Festival Bajo;

2. Wonderful Selayar mencakup Pementasan Seni Budaya Lintas Kab/Kota se Sulsel, Tarian, Massal, Gala Diner, Panggung Hiburan;

3. Eksplorasi Taka Bonerate,

4. Sail dan Sale Selayar;

5. Tourism Photography.

Di akhir acara, Wabup Saiful Arif menyatakan siap melengkapi data dan informasi pendukung sebagai bahan dalam koordinasi dengan bank lain serta konsiltasi dengan BI Pusat, serta bersedia hadir jika dibutuhkan. (*)

  • Bagikan