Kementerian Kominfo Gelar Roadshow IdenTIK 2022 di Kota Makassar

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam hal ini Direktorat Pemberdayaan Informatika, Ditjen Aplikasi Informatika menggelar Roadshow Indonesia Entrepreneur TIK (IdenTIK) di Hotel Swissbell Makassar, Rabu (1/6/2022). 

Roadshow ini dilaksanakan untuk memperkenalkan kompetisi tahunan IdenTIK. Dimana, IdenTIK hadir untuk menggali inovasi terbaik anak bangsa dibidang teknologi dan komunikasi (TIK). 

Dengan mengusung tema "Collaborate and Grow Stronger" IdenTIK mengajak anak Indonesia untuk berani mengembangkan ide mereka demi menjadi The Next Unicorn yang akan meningkatkan kualitas ekonomi bangsa. 

Adapun 6 kategori yang dikompetisikan dalam IdenTIK yakni Public Sector , Private Sector Inovasi Teknologi Konten Digital , Corporate Social Responsibility , Start - Up Company dan Research and Development. 

Pendaftaran karya untuk kompetisi idenTIK akan ditutup pada tanggal 31 Juli 2022 , kemudian dilanjutkan tahapan kurasi dan penjurian yang akan dilaksanakan sepanjang bulan Agustus dan karya terpilih IdenTIK 2022 akan diumumkan pada tanggal 31 Agustus 2022 .  

Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pemerintahan, Niki Maradona mengatakan idenTIK merupakan program transformasi kompetisi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dimana sebelumnya dikenal dengan Indonesia ICT Award (INAICTA).

"Kompetisi INAICTA merupakan ajang karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang TIK terbesar di Indonesia , dari sini beberapa unicorn / decacorn kebanggaan negeri ini lahir , di antaranya seperti Tokopedia dan Tiket.com. Sempat terhenti selama 2 tahun akhirnya program kompetisi ini digelar kembali dengan program re-branding IdenTIK (Indonesia. Entrepreneur TIK)," ungkapnya Rabu (1/6/2022). 

Lanjut, Niki menyebut kompetisi IdenTIK terbuka bagi semua kalangan yang ingin ikut berpartisipasi seperti kalangan instansi pemerintah , komunitas , akademisi , startup , entrepreneur , Inkubator atau akselerator bisnis serta perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang TIK. Sehingga, Dirinya berharap rangkaian roadshow IdenTIK diikuti oleh banyak peserta. 

"Tidak hanya bagi mereka yang berada di lingkup Kota Makassar dan Provinsi Sulawesi Selatan , namun juga seluruh wilayah Indonesia pada umumnya sebagai upaya bersama mendorong inovasi teknologi Informasi dan komunikasi ( TIK ) anak bangsa untuk tampil di kompetisi bergengsi baik di tingkat regional maupun global," terangnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Mahyuddin mengungkapkan rasa terimakasihnya atas diadakannya Roadshow IdenTIK di Kota Makassar. 

Dirinya juga mengajak warga Kota Makassar untuk mengikuti ajang IdenTIK tahun 2022.  "Makassar sebagai tempat yang dipilih untuk menjadi tempat roadshow, mudah-mudahan memanfaatkan momentum ini untuk mengikuti IdenTIK," ujarnya.  

Mahyuddin mengatakan Pemerintah Kota Makassar menyambut baik Roadshow IdenTIK yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi. 

"Usaha ini berkembang, menandakan perkembangan TIK harus kita sambut bersama, Pemkot ingin mengucapkan selamat curahkan semua inovasi, semangat, bagaimana inovasi TIK bisa berkembang, kami harap hari ini, bertepatan hari kelahiran Pancasila, kami harap roadshow IdenTIK membuat peradaban dan sejarah Indonesia lebih baik kedepannya," tutupnya. 

Roadshow IdenTIK di Kota Makassar ini akan dihadiri oleh Ketua Dewan Juri IdenTIK Prof. Eko K. Budiardjo dan Prof. Yudho Giri Sucahyo selaku Juri Inovasi Teknologi Kategori Research and Development yang akan memberikan gambaran pelaksanaan dan ketentuan kompetisi tersebut. 

Serta, hadir pula para pemenang IdenTIK 2022 untuk berbagi pengalaman serta memberi motivasi bagi para peserta  yakni Dr Budhi Mulyadi peraih Medali Emas AICTA 2019 pada kategori Research and Development dan  Antonius Malem Barus,  karya terpilih ke - 1 IdenTIK 2021 pada kategori Inovasi Teknologi Konten Digital. 

  • Bagikan