Harga Cabai Rawit Merah di Parepare Terus Bergerak Naik, Kini Capai Rp50 Ribu/Kg

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL — Komoditas cabai rawit merah di Kota Parepare, menunjukkan gejolak kenaikan harga dalam beberapa hari terakhir.

Data Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Parepare per 31 Mei 2022 menunjukkan kenaikan harga cabai rawit merah dari Rp35 ribu per kg menjadi Rp40 ribu per kg. Kini berdasarkan data terbaru per Kamis, 2 Juni 2022, harga cabai rawit merah sudah mencapai angka Rp50 ribu per kg. Atau terjadi kenaikan cukup signifikan 25 persen dari sebelumnya.

Data ini berdasarkan pantauan rutin harian yang dilakukan Tim Disdag Parepare di Pasar Rakyat Lakessi Parepare. Pasar Lakessi adalah pasar tradisional terbesar di Parepare dan sekitarnya.

“Iya benar, harga barang kebutuhan pokok yang terus mengalami kenaikan adalah cabai rawit merah. Per 2 Juni dibanding 31 Mei naik dari Rp40 ribu per kg menjadi Rp50 ribu per kg atau 25 persen. Cabai rawit merah ini yang akan menjadi perhatian serius Dinas Perdagangan untuk dicari solusinya,” ungkap Kepala Bidang Perdagangan Disdag Parepare, Andi Sunra, Kamis, 2 Juni 2022.

Andi Sunra mengemukakan, hanya komoditas cabai rawit merah yang mengalami kenaikan harga, sementara komoditas lainnya cenderung relatif stabil terkendali. Bahkan ada komoditas yang mengalami penurunan.

“Iya ada yang turun per 2 Juni, yaitu harga daging ayam broiler. Dari sebelumnya Rp35 ribu per kg menjadi Rp34 ribu per kg atau turun -2,86 persen. Tapi pemantauan akan terus dilakukan untuk mendapatkan informasi harga terupdate, dan sekaligus langkah-langkah penanganan jika terjadi gejolak,” kata Andi Sunra. (*)

  • Bagikan