Parepare Kini Jadi Magnet Wisata Bola Nasional di Sulsel

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL- Tak pelak, kompetisi liga sepakbola menjadi magnet wisata luar biasa. Di samping industri sepakbola yang terus berputar. Industri ini nampaknya menjadi magnet wisata yang banyak menyedot perhatian. Dan nampaknya, Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe (TP) berhasil mewujudkan itu.

Konsep dalam menjadikan Parepare sebagai 'sport tourism' atau wisata olahraga sukses diwujudkan. Melalui wisata bola, Wali Kota yang dikenal ulet, tekun, dan inovatif ini mewujudkan keinginan para pecinta sepakbola dalam menghadirkan stadion kebanggaan Gelora BJ Habibie (GBH). Stadion yang kini berstandar internasional ini dipilih sebagai base camp Persatuan Sepakbola Makassar (PSM) pada liga mendatang.

Sebagai bukti terpilihnya Stadion berkapasitas 20.000 jiwa ini sebagai bascamp, PSM menggelar laga uji coba yang disajikan hari ini, Senin, (6/6/2022) malam hari. Pada laga uji coba ini, PSM akan bertemu dengan Sulut United

Laga ini mengobati kerinduan bagi para pecinta PSM di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Sebab, sudah dua tahun mereka tidak menyaksikan tim kebanggaannya berlaga di stadion. Ditambah markas sebelumnya, Stadion Mattoanging, Makassar telah rata dengan tanah. Ribuan suporter PSM ini akan berangkat dari berbagai kabupaten/kota di Sulsel.

Mereka berangkat ke Parepare mulai Minggu (5/6/2022) dan Senin (6/6/2022). Bahkan Pendiri Bosowa Corp, Aksa Mahmud sudah di Parepare sejak Minggu, kemarin. Ia datang menggunakan pesawat helikopter miliknya

Di antara kelompok suporter PSM yang telah memastikan kehadirannya, seperti The Macz Man mengestimasi seribu lebih anggotanya bakal hadir di stadion. Selanjutnya, 750 suporter dari Laskar Ayam Jantan (LAJ) juga akan hadir langsung ke stadion. Jumlah ini masih bisa bertambah, apa lagi penjualan tiket masih terbuka.

Selain itu, Red Gank juga mengkonfirmasi 700 orang akan hadir memerahkan stadion. Dari jumlah tersebut 400 Red Gank berasal dari Makassar. Ada juga suporter penghuni tribun Utara dan Komunitas VIP Selatan (KVS), dan Komunitas VIP Utara (KVS).

"Terima kasih Wali Kota Parepare," tulisan dilengkapi foto Taufan Pawe, Wali Kota Parepare terpampang besar di stadion. Tulisan ya g dibentangkan para pecinta sepakbola di tanah air.

Sementara, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe terus menggenjot pembenahan. Ia tidak pernah absen memantau perkembangan stadion itu. Prinsip kerja kolaborasi dan terkoordinasi ditanamkan kepada seluruh jajaran dalam memantapkan kesiapan fasilitas jelang laga uji coba.

Untuk pencahayaan stadion, saat ini telah terpasang sebanyak 120 titik lampu pada 4 tower lampu, dan 2 unit genset yang masing-masing berkapasitas 100 KPA juga telah disiapkan oleh PLN Parepare.

Kemudian rumput lapangan, kursi bench pemain dan perangkat pertandingan juga telah dibenahi dan lengkapi. Demikian pula ruangan-ruangan untuk kedua tim, wasit dan lainnya juga telah direnovasi oleh Pemkot Parepare.

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat. Kami ucapkan juga selamat datang di Kota Cinta 'Sport Tourism' Parepare untuk seluruh suporter setia PSM. Semoga Stadion GBH dapat mengobati kerinduan kita terhadap klub kebanggan, Ewako!," tegas Wali Kota yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini. (Adv)

  • Bagikan