Sekda Gowa Dorong Kolaborasi Pemerintah dengan Penggiat Kesenian

  • Bagikan
Sekda Gowa Buka Festival Balla Lompoa Tahun 2022 di Museum Istana Balla Lompoa, Sabtu (4/6).

GOWA, RAKYATSULSELCO - Seni dan budaya merupakan produk kreativitas manusia dan menjadi salah satu cara manusia untuk mengekspresikan keinginan, pemikiran dan pemahaman terhadap alam dan Iingkungan sekitar. Termasuk didalamnya sebagai penanda majunya suatu daerah, bangsa, dan negara.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsina mengatakan, dengan melihat kondisi tersebut menurutnya pemerintah perlu mendorong para pelaku kesenian.

Utamanya yang ada di Kabupaten Gowa untuk terus berkarya dan melakukan kolaborasi dengan pemerintah guna memajukan daerah berjuluk Butta Bersejarah ini.

Hal itu dia sampaikan saat membuka Festival Balla Lompoa Tahun 2022 sekaligus menerima kunjungan peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah Tahun 2022 di Museum Istana Balla Lompoa, Sabtu (4/6).

"Kabupaten Gowa merupakan salah satu daerah yang mempunyai pengaruh terhadap perkembangan seni dan budaya di Indonesia. Sampai saat ini, Gowa masih dianggap sebagai suatu wilayah dengan masyarakat yang memegang kuat terhadap tradisi dan budaya leluhur," kata Kamsina.

Menurut Kamsina, saat ini perkembangan seni budaya cukup pesat berkembang di Kabupaten Gowa. Selain sekolah-ekolah kejuruan di bidang seni,
terdapat museum Istana Balla Lompoa, puluhan sanggar seni, dan ribuan penggiat kesenian yang ada di Kabupaten Gowa.

  • Bagikan