Ketua Komisi I DPRD Sinjai Sambut Baik Sosialisasi Rapor Pendidikan Kemendikbudristek

  • Bagikan
Ketua Komisi I DPRD Sinjai, Fachriandi Matoa (kiri) saat mengikuti sosialisasi Rapor Pendidikan oleh Kemendikbudristek di Makassar. (Foto: Dok. Humas DPRD).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Ketua Komisi I DPRD Sinjai, Fachriandi Matoa menghadiri sosialisasi Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data di Hotel Claro Makassar, Kamis, (9/6/2022).

Sosialisasi dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi (Kemendikbudristek) itu juga dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan serta Kasubag perencanaan dan program Disdik Sinjai.

“Saya mewakili pihak Legislasi Daerah Kabupaten Sinjai menyambut baik dan sangat mendukung kegiatan tersebut karena perencanaan seperti ini memang dibutuhkan,” ucap Fachriandi disela-sela sosialisasi tersebut.

Inovasi ini, kata Fachriandi menyajikan dan menampilkan potret pendidikan di seluruh Indonesia dalam satu tampilan.

“Mereka mengharapkan segala ikhwal terkait dunia pendidikan dapat ditampilkan dalam satu aplikasi ataupun satu mekanisme sistem yang pemerintah pusat canangkan. Jadi seperti itulah yang disosialisasikan tentang rapor pendidikan dan perencanaan berbasis data,” jelasnya.

Adapun data yang dimaksud yaitu data yang konkrit yang bersumber dari setiap satuan pendidikan mulai dari tingkat bawah sampai tingkat atas dengan berdasarkan data faktual.

“Data tersebut memang betul-betul real yang terjadi dibawah bukan data yang dicampur adukkan dari berbagai instansi yang berwenang memberi data tetapi mereka memang menginginkan data itu bersumber dari satuan-satuan pendidikan kita dan diharapkan data tersebut menjadi rumusan rujukan untuk merumuskan dan menetapkan perencanaan dalam membangun dan melaksanakan pembangunan di bidang pendidikan,” kata Fachriandi.

Ia pun berharap, perencanaan yang dilakukan Pemerintah pusat didalam mengalokasikan program-program pembangunan dapat se objektif mungkin sesuai dengan kebutuhan dan potensi daerah.(*).

  • Bagikan