Nama Kr Kio dan Rismawati Kadir Bersaing Kuat Pimpin Demokrat Gowa

  • Bagikan
Abd Rauf Malaganni Kr Kio dan Rismawati Kadir Nyampa

GOWA, RAKYATSULSEL - Musyawarah Daerah (Musda) ke IV telah melahirkan kepemimpinan baru, Partai Demokrat akan melakukan suksesi kepemimpinan tingkat Cabang di 24 Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan.

Di Kabupaten Gowa sendiri, sejumlah nama mulai rame disebut-sebut punya Kans dalam bertarung.

Nama Abd Rauf Malaganni Karaeng (Kr) Kio ikut disebut-sebut dalam bursa calon Ketua. Orang nomor dua Gowa itu punya kedekatan dengan Demokrat.

Itu karena, Istrinya Mussadiyah Rauf dan menantunya Ardiansyah Sabir adalah anggota fraksi Demokrat di DPRD Gowa.

Kepala Bappilu Demokrat Sulsel, Andi Januar Jaury Dharwis menilai Wabup Gowa masuk dalam kriteria atau ciri-ciri pemimpin yang tepat.

"Ciri-ciri kepemimpinan yang tepat untuk suksesi Ketua DPC Demokrat Gowa salah satunya adalah Wakil Bupati Bapak Abd Rauf Malagani," katanya saat dihubungi wartawan melalui telepon selulernya.

Kr Kio sendiri tercatat sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan. Istri dan menantunya juga punya peluang bertarung.

Kemudian, nama lain seperti anggota DPRD Sulsel dapil Gowa-Takalar Rismawati Kadir Nyampa. Istri camat Palangga itu punya Kans memimpin Demokrat Gowa.

"Kader Demokrat lainnya juga masih banyak, diantaranya Rismawati Kadir Nyampa anggota DPRD Sulsel, anggota fraksi Demokrat DPRD Gowa dan kategori lainnya yang memang memiliki komitmen untuk semakin membesarkan partai Demokrat Gowa," sambung Januar.

Hal senada juga dikatakan Akbar Endra, Deputy Kepala Bakomstra Demokrat Sulsel mengatakan Kr Kio punya sejarah perjuangan bersama Demokrat dalam Pilkada Gowa 2020 lalu ditambah istri dan anak beliau adalah kader Demokrat.

"Kalau Kr Kio disebut-sebut bakal calon ketua Demokrat Gowa, maka itu sah-sah saja," ungkapnya.

Meski begitu, Demokrat punya aturan main pemilihan ketua sesuai anggaran dasar anggaran rumah tangga (AD/ART) hasil Kongres 2020.

"Demokrat memiliki mekanisme yang demokratis dan fatsum yang digariskan oleh partai dan Ketua DPD PD Sulsel Pak Ni'matullah. Tidak serta merta, tetapi melalui tahapan yang diatur oleh partai," sebut Akbar Endra.

Selain Kr Kio Akbar mengatakan, banyak Tokoh ingin bergabung dengan Demokrat Sulsel, karena melihat tanda-tanda Partai ini akan kembali berjaya dan seksi khususnya Sulsel.

"Hal itu sejalan hasil survei Demokrat mendapatkan elektabilitas 12 persen, itu juga karena banyak tokoh yang merapat dan akan bergabung bersama Ni'matullah membesarkan Demokrat," pungkasnya. (Adk)

  • Bagikan